Sukses

Heboh Cumi Raksasa Langka Tertangkap Kamera Nelayan Rusia

Dalam beberapa detik hewan laut dalam itu menghilang di dalam air. Namun muncul kembali tak lama kemudian, mengapung di samping kapal.

Liputan6.com, Moskow - Sekelompok nelayan Rusia mendadak heboh dengan kedatangan "tamu" tak diundang yang mendekat kapal mereka. Seekor cumi-cumi raksasa berada di sisi armada, dan hendak mencuri ikan hasil tangkapan di laut.

Seorang nelayan pun tak mau kehilangan momentum, dengan merekam adegan saat "monster" dari laut dalam itu muncul ke permukaan. Dalam rekamannya, seperti dimuat Daily Mail, Jumat (24/7/2015), terlihat si cumi mendekati kumpulan ikan dalam jaring kapal.

Lalu para nelayan lain mencoba mengusirnya dengan tiang panjang dari sisi perahu, untuk menyelamatkan hasil tangkapan mereka. Pada saat itu, terlihat cumi-cumi tersebut menelan ikan beberapa kali ke dalam mulutnya yang besar.

Upaya pengusiran si cumi membuahkan hasil, dalam beberapa detik hewan laut dalam itu menghilang. Namun, muncul kembali tak lama kemudian, mengapung di samping kapal selama beberapa saat, seolah-olah memamerkan tentakel dan tubuhnya yang besar. Lalu ia menghilang ke laut dalam.

Meski demikian, hingga kini belum diketahui apakah itu cumi-cumi raksasa yang bentuknya lebih panjang atau cumi-cumi kolosal yang lebih lebar dan berat.

Keberadaan cumi-cumi raksasa sudah diketahui selama berabad-abad, namun sedikit yang info tentang hewan itu karena sangat sedikit spesimen hidup yang berhasil ditangkap. Hanya ada cuplikan rekaman sedikit dari alam liar.

"Beberapa tahun yang lalu aku melihat bahwa orang-orang terus mengatakan bahwa ada cumi-cumi raksasa mencapai panjang 60 kaki (sekitar 16 meter), luar biasa panjang," kata asisten direktur National Evolutionary Synthesis Center di Durham, North Carolina, Craig McClain.

"Ketika saya mulai menelaah data yang ada, saya menemukan bahwa perkiraan itu sebenarnya cukup realistis."

Dalam pengukuran faktual, makhluk ini (cumi raksasa) sebenarnya berukuran mendekati panjang 40 kaki (12 meter), dan bahkan sangat langka.

"Cumi-cumi kolosal mencapai panjang yang sama, tetapi tubuhnya jauh lebih besar. Matanya yang konon terbesar dalam kerajaan hewan," ucap Leslie Schwerin yang membuat film dokumenter tentang cumi-cumi raksasa kepada Discovery.

Temuan cumi raksasa mengingatkan kembali pada monster laut bernama Kraken. Makhluk itu ada dalam kisah yang beredar di kalangan pelaut Norwegia dan Islandia.

Kraken bahkan muncul dalam buku sejarah alam Norwegia, Natural History of Norway terbitan tahun 1752 yang dikarang Uskup Borgen, Erik Pontoppidan. Saking besarnya, konon monster laut itu  sanggup menelan kapal besar atau ikan paus hanya dalam sekali membuka mulut.

Entah benar atau hanya mitos, pada tahun 2011 lalu, seorang peneliti mengklaim, ia telah menemukan bukti bahwa mahluk mistis itu benar-benar ada. Adalah Mark McMenamin, paleoantologis dari Mount Holyoke College, Massachusetts, yang mengaku menemukan sisa-sisa mahluk laut, di mana Kraken diduga kuat berada di balik kematian mereka. (Baca: Ilmuwan Teliti Cumi Raksasa Seukuran Minibus Berbobot 350 Kg).

(Tnt/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.