Sukses

Demi Keselamatan pada Malam Hari, Sapi Kenakan Jaket Neon

Siap-siap lihat sapi berpendar dalam gelap. Apa ukuran yang pas untuk mereka? S, M, L, XL?

Liputan6.com, Hungerford, Berks Para peternak menerima ide konyol demi keselamatan sapi-sapi milik mereka. Pemerintah setempat mengusulkan sapi harus mengenakan jaket reflektif—jaket neon—dengan lampu yang tergantung di leher para sapi.

Ini bertujuan agar para sapi bisa terlihat pengendara mobil saat malam hari. Usulan ini dilontarkan akibat banyaknya sapi yang mati tertabrak kendaraan saat malam hari. Maklum, sepanjang jalan di Hungerford, Berks, Inggris termasuk wilayah bebas sapi berkeliaran.

Sapi diizinkan berkeliaran

Situs Telegraph.co.uk, Sabtu (25/7/2015) memberitakan, jauh sebelum ide jaket neon, peternak telah menghabiskan bertahun-tahun untuk membujuk otoritas lokal agar menindak pengendara yang melaju dengan kecepatan tinggi di jalan tersebut.

Martin Crane, Wali Kota Hungerford, mengusulkan agar sapi memakai jaket dan lampu berkedip. Namun, biaya yang dibutuhkan akan merogok kocek para peternak dan pemerintah lokal terlalu dalam, yaitu sekitar 3.000 poundsterling.

Sapi kenakan jaket dilengkapi lampu neon di leher

Roger Denton, salah satu peternak yang mempunyai 25 sapi mengungkapkan, ide itu termasuk konyol. Kalau sapi-sapi itu dipasangi kalung, Anda tidak akan bisa melihat si sapi menuju atau menjauh dari arah datang kendaraan Anda

"Intinya, semua tergantung pada kecepatan mobil. Jika sapi-sapi itu dipasangi kalung, Anda tidak akan bisa melihat si sapi menuju atau menjauh dari arah datang kendaraan Anda."

Meskipun banyak ditentang, rupanya gagasan pemerintah ini tetap diuji coba. Buktinya, sudah ada 500 ekor sapi yang dipasangi kalung di daerah Minchinhampton, Selsley dan Rodborough. Kita tunggu perkembangannya. (fhh/hdy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini