Sukses

25-7-1978: Lahirnya Bayi Tabung Pertama di Dunia

Orok yang dikandung melalui proses pembuahan buatan lahir sebelum tengah malam, melalui operasi caesar.

Liputan6.com, Oldham - Pada hari ini 37 tahun silam, Louise Joy Brown, 'test tube baby' atau bayi tabung pertama di dunia lahir. Orok yang dikandung melalui proses pembuahan yang dikenal dengan In vitro Fertilization (IVF) lahir di Rumah Sakit Umum Daerah Oldham di Manchester, Inggris.

Kedua orangtua Louise Joy Brown adalah Lesley dan Peter Brown. Seperti diberitakan History Channel, ia lahir dengan sehat sebelum tengah malam 25 Juli 1978, melalui operasi caesar karena sang ibu mengalami toksemia -- keracunan pada masa kehamilan.

Orangtua si bayi tabung pertama di dunia, Lesley dan Peter Brown. (Telegraph)

 Bayi perempuan cantik itu berbobot 5 pon 12 ons (2.61 kg).

"Semua pemeriksaan menunjukkan bahwa bayi cukup normal. Kondisi ibu setelah melahirkan juga sangat baik...", kata konsultan yang bertanggung jawab atas kasus bayi tabung itu, Patrick Steptoe seperti diberitakan BBC.

 

Bayi tabung pertama di dunia, Louise Brown. (delhi-ivf.com)

Sebelum melahirkan Louise, Lesley Brown mengalami masalah sulit keturunan akibat saluran tuba falopinya tersumbat. Ia dan sang suami pun akhirnya menjalani perawatan kesuburan.

Pada bulan November 1977, Lesley setuju untuk melakukan prosedur eksperimental pembuahan telur oleh sperma di luar tubuh -- in vitro fertilization (IVF). Satu telur yang sudah matang dipindahkan dari ovarium Lesley dan digabung dengan sperma suaminya untuk membentuk embrio. Beberapa hari kemudian, embrio tersebut diletakkan kembali di rahim Lesley.

Prosedur itu dikawal oleh konsultan ginekolog Patrick Steptoe dan peneliti fisiologi Cambridge Robert Edwards.

Dunia sambut kelahiran bayi tabung pertama di dunia. (Tucson.com)

Saat publik mengetahui bahwa duo ahli itu merancang kehamilan untuk Lesley, pro-kontra pun muncul. Mereka yang tak sejalan mempertanyakan dasar etika dan legal dari prosedur tersebut.

Meski demikian, pasangan Brown tetap melaju dengan program IVF dan berhasil melahirkan anak kedua bernama Natalie.

Pada Mei 1999, Natalie Brown memiliki anak secara normal. Disusul Louise Brown yang juga bisa memiliki anak secara normal di tahun 2006.

Persalinan keduanya menggugurkan keraguan, bahwa bayi tabung tidak bisa hamil secara alami.

 

Peneliti fisiologi Cambridge Robert Edwards (kiri), bidan persalinan Louise (tengah) dan ginekolog Patrick Steptoe (kanan). (BBC)

IVF menjadi perawatan medis populer untuk mengatasi infertilitas. Ribuan anak di dunia sudah hadir lewat prosedur ini. Beberapa di antaranya bahkan berasal dari sperma dan telur donor, bukan dari kedua orangtua asli.
 
Saat ini, IVF dianggap sebagai pengobatan utama untuk infertilitas. Ratusan ribu anak-anak di seluruh dunia telah dikandung melalui prosedur, dalam beberapa kasus dengan telur donor dan sperma.

Lebih dari 5.000 pasangan telah mengikuti perawatan kesuburan yang baru. Sementara 20.000 perempuan di Inggris dilaporkan mengalami penyumbatan seperti yang dialami oleh Lesley Brown.

Bayi tabung pertama di dunia lahir. Dinamai Louise Joy Brown. (Tucson.com)

Pada tanggal yang sama tahun 2000, peristiwa tragis terjadi. Kecelakaan pesawat Concorde yang jatuh beberapa menit setelah lepas landas, menewaskan 109 orang di dalamnya dan empat orang yang ada di darat.

Jet Air France yang menuju New York itu menabrak Hotel Relais Bleu di kota Gonesse, 10 mil sebelah utara Paris, sebelum pukul 17.00 waktu setempat.

Sementara pada pada 25 Juli 1917, penari eksotis Mata Hari divonis hukuman mati oleh pengadilan Prancis karena ketahuan menjadi mata-mata Jerman selama Perang Dunia I. (Tnt/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini