Sukses

Penampakan Kadal Raksasa di Selokan Hebohkan Bangkok

Para penduduk setempat mengatakan, reptil itu berkeliaran melalui selokan dan memakan tikus di sana.

Liputan6.com, Bangkok - Turis di Bangkok mendadak histeris setelah melihat penampakan kadal raksasa yang ukurannya berkisar satu meter, dari balik jeruji sebuah selokan. Mereka pun heboh berupaya melihat keberadaan reptil tersebut.

"Saya berada di luar sebuah kuil di pusat kota Bangkok dan orang-orang berteriak menunjuk ke arah selokan. Ada itu (kadal). Aku punya video untuk membuktikannya," tulis John Hernandez dalam deskripsi videonya seperti dikutip dari Daily Mail Rabu (22/7/2015).

Para penduduk setempat mengatakan, reptil itu berkeliaran melalui selokan dan memakan tikus di sana.

Hernandez mengatakan dalam postingannya, binatang itu ia percayai sebagai Komodo, reptil pemburu berbahaya dengan ludah beracun untuk melumpuhkan mangsanya setelah digigit.

Tapi jenis seperti itu biasanya berada di Indonesia, sehingga lebih mungkin binatang yang dilihatnya itu adalah kadal mirip spesies water monitor. Reptil itu bisa tumbuh hingga 2 meter dan berbobot 20 kg.

Water Monitor adalah kadal besar asli yang ditemukan di Asia Selatan dan Tenggara. Merupakan salah satu yang paling umum ditemukan di seluruh Asia, seperti di Bangladesh, Sri Lanka dan India.

Spesimen terbesar jenis itu, yang pernah tercatat, memiliki panjang 3,21 meter. Kadal kedua terberat di dunia setelah Komodo. Water Monitor juga dikenal kerap memangsa ular dan buaya kecil.

Apapun binatang itu, menjauhi selokan Thailand adalah alasan terabaik. Apalagi, reptil itu kini kabur entah ke mana, tak terdeteksi. Bisa-bisa ia muncul di saluran air lainnya. (Tnt/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.