Sukses

Juara 'Scrabble' Bahasa Prancis Ini Malah Tidak Berbahasa Prancis

Ia mengaku bukan pembahasa Prancis namun menghafalkan kata-kata bahasa Prancis yang ada dalam kamus.

Liputan6.com, Louvain Scrabble adalah permainan yang membutuhkan kekayaan kosakata dalam bahasa tertentu. Uniknya, seorang pria dari Selandia Baru menjadi juara dunia permainan scrabble berbahasa Prancis walaupun ia sendiri bukan seorang yang bisa berbahasa Prancis.

Dalam pertandingan dunia di Louvain, Belgia, pada Senin (20/07/15), pria itu mengaku baru mulai belajar bahasa Prancis sejak akhir bulan Mei lalu. Pada Senin lalu, serikat permainan scrabble berbahasa Prancis (Federation Internationale de Scrabble Francophone), menyatakan Nigel Richards dari Selandia Baru menang melawan Schelick Ilagou Rekawe, seorang pembahasa Prancis dari Gabon.

Sebelumnya, Nigel Richards pernah memenangkan kejuaraan versi bahasa Inggris. Ia mengaku bukan pembahasa Prancis, namun menghafalkan kata-kata bahasa Prancis yang ada dalam kamus.

Kepada FranceTV, Yves Brenez, wakil presiden serikat scrabble Belgia sekaligus penyelenggara pertandingan versi bahasa Prancis, mengatakan, “Ia tidak bisa berbahasa Prancis, saya bisa memastikan itu.” Ia melanjutkan, “Nigel akan berkata ‘bonjour’ dengan aksen tertentu, dan ia juga dapat membacakan perolehan angka dalam bahasa Prancis karena memang diwajibkan demikian, namun bukan itu saja.”

“Tantangannya memang agak gila, tapi ia belajar kosakata bahasa Prancis hanya dalam waktu sembilan minggu. Ia orang yang gigih. Baginya, kalimat hanyalah rangkaian kata-kata.”

Akhirnya, “Saya mungkin terlihat membesar-besarkan, tapi ia menampilkan scrabble (yang artinya kata-kata yang terdiri dari setidaknya 7 huruf) yang lazimnya baru diketahui orang setelah 10 tahun belajar.”  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini