Sukses

Robot Velociraptor Ini Jadi Pelayan Hotel

Bagaimana rasanya berhadapan dengan pelayan berwujud reptil bergigi tajam?

Liputan6.com, Sasebo Hotel unik di Jepang ini mempekerjakan sejumlah robot sebagai pegawainya. Bukan hanya robot manusia, hotel Henn Na di Sasebo, Jepang, ini bahkan mempekerjakan sebuah robot velociraptor, sejenis dinosaurus. Tuly, nama velociraptor itu, bahkan berkostum lengkap dengan dasi kupu-kupu.

Terdengar aneh? Tidak juga, karena ternyata ‘henn na’ dalam bahasa Jepang memang berarti ‘aneh’.

Sebuah robot berperan sebagai porter yang membawakan koper milik para tamu ke kamar. Hebatnya, kamar tamu dilengkapi kunci yang menggunakan teknologi pengenalan muka (face recognition).

Hotel yang terletak di taman bertema Huis Ten Bosch di kota Sasebo di perfektur Nagasaki ini memasang tarif antara $60 hingga $153, atau setara dengan Rp670 ribu - Rp2 juta.

Hideo Sawada, presiden Huis Ten Bosch, mengatakan kepada Nikkei News, “Di masa depan, kami berharap dapat membangun 1000 hotel sejenis ini di seluruh dunia.”

Sebagai catatan, hotel ini bukan tempat usaha pertama di Jepang yang mempekerjakan robot. Pusat perbelanjaan Mitsukoshi Nihombashi di Tokyo memiliki robot resepsionis yang digerakkan dengan 43 motor agar dapat menampilkan raut muka, menggerakkan bibir, dan gerakan-gerakan lainnya yang diprogram untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan para tamu pertokoan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini