Sukses

Rumah 3 Dimensi Dibangun dalam Waktu 3 Jam

Hanya butuh 10 hari untuk membangun rumah kalau anda menggunakan rancangan insinyur satu ini.

Liputan6.com, Xi'an - Sebuah rumah yang dirancang secara 3 dimensi dibangun dalam waktu kurang dari tiga jam. Hal ini menandai pencapaian terbaru dalam jangkauan dan penghematan teknologi dalam pencetakan 3D.
 
Rumah yang didirikan di Xi'an ini terdiri dari enam unit, dengan masing-masing berat lebih dari 100 kg. Tiap unit mempunyai fungsi independen, yaitu unit untuk ruang makan, kamar tidur, dapur dan kamar mandi.

Tiap unit dicetak di pabrik dan kemudian dirakit di lokasi. Biaya konstruksi itu sendiri bervariasi antara Yuan 2500-3.500 per meter atau sekitar Rp 5,5 hingga 7,5  juta, seperti dikutip dari shanghaiist.
 
Seorang insinyur pengembangan perusahaan yang merancang dan memproduksi rumah, Yongliang, mengatakan kepada wartawan bahwa hanya membutuhkan waktu sekitar 10 hari untuk menghasilkan unit dan merakitnya. Sedangkan untuk membuat sebuah rumah tradisional memerlukan waktu  sekitar enam bulan.

Yongliang juga mengklaim kalau rumah ciptaannya ini cukup tahan gempa hingga 9 skala magnitude. Ia juga menjamin rumah ini cukup nyaman dan mampu bertahan di cuaca dingin maupun panas.

(Stevanie Adeline/Rie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.