Sukses

Waduh, Drone Ganggu Pesawat Pemadam Kebakaran

Akibat drone terbang, pesawat pemadam kebakaran tertunda datang ke lokasi kebakaran. Kebakaran pun makin meluas.

Liputan6.com, California Selatan - Upaya melawan api yang menyapu jalan bebas hambatan Cajon Pass di California Selatan, Amerika Serikat, Jumat 17 Juli lalu tertunda. Amukan jago merah telah menghancurkan lebih dari belasan kendaraan dan pengendara lari tunggang-langgang.

Pesawat pemadam kebakaran tertunda ke lokasi kebakaran karena lima drone terbang di daerah itu.

Api merayap ke jalan raya

“Pihak pemadam kebakaran beralasan ketertundaan 26 menit karena pejabat daerah setempat takut pesawat akan bertabrakan dengan drone,”kata juru bicara US Forest Service, Lee Beyer. 

“Ini adalah keempat kalinya dalam beberapa minggu drone telah mengganggu pesawat pemadam kebakaran untuk melawan api di California Selatan.

"Ada daerah yang tidak terlalu jauh dari tempat kebakaran termasuk daerah yang cukup populer bagi orang-orang bermain dengan drone mereka.”

Seorang kru di salah satu pesawat pemadam kebakaran melihat drone dan memberitahu awak darat untuk melacak operator drone dan memaksa drone turun.

Kebakaran makin meluas

Dari laporan ABC News, Senin (20/7/2015). tidak ada penangkapan yang dilakukan akibat sengaja menghambat petugas pemadam kebakaran atau regu penyelamat. 

Sekitar 1.000 petugas pemadam kebakaran berjuang memadamkan api, yang telah meluas menjadi 3.500 hektare. Jalan bebas hambatan ditutup selama berjam-jam agar pengendara meninggalkan kendaraan mereka ketika api menjalar ke jalan raya. (Fhh/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.