Sukses

Penampakan Bentuk Hati di Permukaan Planet Pluto?

Menakjubkan, sekilas terlihat pada permukaan planet Pluto seperti ada 'bentuk hati' yang cukup besar.

Liputan6.com, Mountain View - Baru-baru ini, NASA (National Aeronautics and Space Administration), dalam sebuah misi eksplorasi planet berhasil mengambil gambar planet Pluto dari jarak yang cukup dekat. Ada sesuatu yang unik dari gambar planet itu yang berhasil diperoleh kali ini.

Pada permukaan planet yang ditemukan oleh Clyde Tombaugh tahun 1930 itu, tampak sebuah area yang menyerupai "bentuk hati".

Dilansir dari Huffingtonpost, Rabu (15/7/2015), bentuk hati itu disebut-sebut sebagai daerah terang seluas 1.200 mil persegi -- terlihat pada sisi kanan bawah planet itu.

Daerah berbentuk hati di Pluto

Pluto yang biasanya bisa kita lihat sebagai sebuah titik cahaya, baru dapat kita lihat fotonya secara 'close up -- lebih dekat -- seperti sekarang ini setelah upaya dari NASA selama 9 tahun. 3 Miliar mil perjalanan dengan pesawat ruang angkasa New Horizon.

Meski penemuan 'bentuk hati' ini sudah membuat hati bergetar lantaran takjub, para ilmuwan di balik New Horizons mengatakan, "Yang terbaik bahkan belum muncul."

Selasa 21 Juli pekan depan, pesawat ruang angkasa itu rencananya akan mendekati planet Pluto dengan jarak paling dekat dari yang pernah dicapai sebelumnya. Dengan demikian, NASA berharap akan mendapatkan gambar Pluto yang lebih jelas dan jauh lebih rinci daripada gambar yang pernah mereka ambil. 

"Berikutnya, kita akan melihat Pluto dari jarak terdekat, sehingga sebagian dari wilayah ini akan dicitrakan pada resolusi kira-kira 500 kali lebih baik daripada yang kita lihat hari ini," papar Jeff Moore, seorang ahli geologi, geofisika dan sekaligus pemimpin tim pencitraan di NASA Ames Research Center, dalam sebuah siaran pers.

"Ini akan menjadi luar biasa!" punkasnya. (Dsu/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.