Sukses

Gunung Berapi Kuno Ditemukan di Dasar Laut Australia

Sekelompok peneliti bawah laut tidak sengaja menemukan empat gunung berapi yang telah punah di dasar laut pantai Sydney, Australia.

Liputan6.com, Sydney - Sekelompok peneliti bawah laut tidak sengaja menemukan empat gunung berapi yang telah punah di dasar laut pantai Sydney, Australia.

Awalnya, tim dari Ilmu Pengetahuan Nasional Australia (CSIRO) ini ingin meneliti lobster bertelur di dasar laut. Tapi mereka terkejut karena telah menemukan gugusan gunung berapi yang dipercaya berumur 50 juta tahun.

Para peneliti percaya penemuan ini memberi petunjuk bagaimana benua Australia bisa terpisah dari New Zealand. Lokasi gunung berapi ini berada sekitar 250 km dari pantai Sydney.

"Ini kali pertama jajaran gunung berapi terlihat," kata Richard Arculus, seorang ahli gunung berapi kepada media, seperti dikutip dari BBC.

"Kita ini jauh lebih mengetahui muka Mars daripada halaman belakang belakang rumah kita," tambahnya.

Penemuan ini berharap dapat memberikan kontribusi pada penelitian patahan bumi dan lapisan bumi. "Ini seperti mengubek-ubek kantong sampah seseorang dan mencari tahu apa yang telah dia makan," kata Richard.

"Penemuan ini memberikan kita cerita bagamana Australia berpisah dengan New Zealand 40 hingga 80 juta tahun lalu."

Para ahli menemukan, salah satu gunung yang besar di antara empat gunung tersebut menjulang hingga 700m ke permukaan laut.

New Zealand masih mempunyai beberapa gunung berapi yang masih aktif, sementara erupsi terakhir di Australia terjadi lebih dari 5000 tahun lalu. (Rie/Yus)

Lokasi Gunung Berapi Purba. (BBC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini