Sukses

Layanan Pos Resmi Menggunakan Drone

Akhirnya, drone menjadi alternatif cara pelayanan dinas pos resmi.

Liputan6.com, Swiss Dinas pos resmi Swiss Post bersama Swiss World Cargo (divisi angkutan barang milik maskapai internasional Swiss), menggandeng sejumlah pihak seperti Amazon, GeoPost dan Alibaba untuk mulai menggunakan drone sebagai perangkat pengantar barang. 

Penggunaan drone untuk layanan pos resmi.

Dalam laporan Swiss Post di Discovery News, dijelaskan bahwa perusahaan-perusahaan itu mengumumkan telah menguji coba drone berbaling-baling empat Matternet ONE buatan Matternet dari California. Uji coba drone mandiri berpandu GPS ini akan berlangsung selama bulan Juli, walaupun penggunaan secara luas direncanakan baru berlaku 5 tahun ke depan. Ini terkait dengan umur baterai dan payung hukum penggunaannya.

Penggunaan drone untuk layanan pos resmi.

Namun, untuk sekarang mereka dapat menggunakan drone tersebut guna melakukan pengiriman darurat ke tempat terpencil atau mengirimkan barang dengan prioritas tinggi seperti sampel laboratorium yang sensitif terhadap waktu pengiriman.

Selain urusan logistik, rangkaian percobaan ini akan mempelajari daya guna biaya penggunaan drone untuk kegunaan lain. Sekarang ini, Matternet ONE mampu mengangkut beban maksimal 1 kilogram dengan jarak tempuh maksimal 10 kilometer untuk setiap satu baterai yang terisi penuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini