Sukses

Sizlah, Si Anjing yang Peringatkan Pemiliknya saat Kebakaran

Kini, si anjing diberi gelar pahlawan.

Liputan6.com, Melbourne Sebutan `sahabat manusia` untuk anjing memang benar adanya. Mereka setia dan bersedia melakukan apapun untuk tuannya, termasuk menyelamatkan nyawa mereka.

Seekor anjing jenis vizsla hungaria bernama Sizlah kini dikagumi sebagai pahlawan karena memperingatkan pemiliknya saat terjadi kebakaran di rumahnya di Melbourne, Australia, Kamis pagi. Menurut petugas pemadam kebakaran setempat, sebuah puntung rokok membakar pagar belakang dan dek teras rumah itu.

Menyaksikan api tersebut, Sizlah menggaruk pintu kamar pemiliknya selama satu jam untuk memperingatkannya.

“Sewajarnya, (si pemilik) menyuruh anjingnya untuk tidur,” Metropolitan Fire Brigade (MFB) membuat pernyataan yang dikutip dari ABC.net.au.

Saat si pemilik akhirnya bangun, alarm kebakaran berbunyi.

Kru pemadam kebakaran tiba di rumahnya pada pukul 4 dini hari dan berhasil memadamkan api sebelum melalap seluruh rumah.

“Si Anjing kini dianggap pahlawan, namun (memasang) detektor asap juga cara berjaga-jaga yang bagus, sebab peringatan dari hewan peliharaan sering diabaikan oleh para pemilik,” ungkap MFB. (Ikr/heidy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.