Sukses

Salah Pilih Mangsa, Buaya Ini Mati Tersengat Aliran Listrik

Buaya itu tersengat aliran listrik mematikan yang dikeluarkan oleh si belut.

Liputan6.com, Amazon Seekor buaya mati karena mencoba memangsa belut listrik.

Dalam video YouTube yang diunggah oleh fullheadbr, seekor buaya Amazon direkam sedang memangsa seekor belut listrik yang berada di dekatnya.

Buaya itu tidak menyia-nyiakan kesempatan dan menyambar belut yang bergerak-gerak di air itu. Tak ayal lagi, buaya itu tersengat aliran listrik yang mematikan dari belut tersebut.

Pada laman National Geographic, disebutkan bahwa belut listrik sebetulnya bukan termasuk jenis belut, dan berkerabat lebih dekat dengan ikan mas atau lele. Pemangsa terkenal ini mendapatkan namanya karena muatan listrik yang bisa mereka bangkitkan untuk menohok mangsa dan mengusir pemangsa lain.

Tubuh hewan itu memiliki 6.000 sel khusus yang disebut elektrosit dengan kemampuan menyimpan daya setara kemampuan baterai kecil. Ketika diserang, sel-sel ini melepaskan muatan listrik secara bersamaan dan mengirimkan semburan listrik bertegangan hingga 600 volt!

Hewan ini tinggal di sungai dan danau berlumpur di Amazon dan Orinoco, Amerika Selatan. Kebanyakan dari mereka memangsa ikan, namun terkadang mereka mengincar burung dan mamalia kecil. Sebagai hewan yang bernafas dengan paru-paru, mereka harus sering muncul ke permukaan. Daya penglihatan mereka juga buruk, namun dapat mengirimkan muatan bertegangan rendah (sekitar 10 volt) untuk dipakai sebagai radar yang berguna dalam navigasi dan menentukan letak mangsa.

Ukuran hewan ini bisa mencapai 2,5 meter dengan berat hingga 20 kg. Serangan belut kepada manusia jarang terjadi. Namun, sengatan listrik berulang pada manusia dapat mengganggu pernafasan. Korban manusia meninggal lebih banyak karena pingsan di dalam air dangkal setelah terkena sengatan listrik, bukan karena sengatan listriknya sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini