Sukses

Seorang Nelayan Menangkap Lobster Langka Dua Warna

Lobster ini tidak sekadar berwarna oranye, ada pola unik yang membedakannya dengan lobster lain.

Liputan6.com, Scarborough Seekor lobster dengan warna tubuh yang langka tertangkap seorang nelayan dari Maine di Amerika Serikat. Lobster berwarna langka itu ditemukan ketika sedang diproses di koperasi nelayan ine Point Fisherman's Co-Op di kota Scarborough, Maine.

Lobster itu memiliki setengah bagian ekor berwarna oranye dan sebuah capit yang juga berwarna oranye. Namun, bagian lain tubuhnya berwarna cokelat tua. Pola yang unik ini bahkan berbeda dari pola setengah oranye-setengah cokelat.

Adam Baukus, ilmuwan dari Lembaga Penelitian Teluk Maine mengatakan kepada stasiun NECN bahwa “mungkin ada mutasi genetika yang menciptakan pola ini.” Ciri langka lainnya dari lobster itu adalah jenis kelaminnya. Kebanyakan lobster berwarna ganda adalah hermafrodit (berkelamin ganda). Namun, seperti dilaporkan NECN, lobster yang barusan tertangkap ini berjenis kelamin betina.

Lembaga Lobster di University of Maine memperkirakan kemungkinan penemuan lobster berwarna ganda sempurna adalah 1 banding 50 juta. Dengan demikian, temuan ini adalah kedua terlangka sesudah lobster albino yang kemungkinannya adalah 1 banding 100 juta.

Koperasi nelayan ini belum memutuskan apakah akan mengirim lobster ini ke museum atau akuarium, walaupun perwakilan dari Maine State Aquarium sudah berencana untuk memamerkannya.

Sebagai catatan, pada bulan Agustus lalu, seorang remaja putri berusia 14 tahun menemukan lobster berwarna biru di lepas pantai Pine Point di negara bagian Maine. Kemungkinan menemukan lobster berwarna biru adalah 1 banding 2 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini