Sukses

Hot Tub Tercepat Sedunia

Mesin mobil ini dipakai untuk menjalankan mobil dan memanaskan bak mandinya pada suhu 39 derajat celcius.

Liputan6.com, Los Angeles Dua orang sahabat asal Kanada menyulap mobil Cadillac de Ville keluaran 1969 menjadi bak mandi air hangat (hot tub) berjalan. Mereka membeli mobil itu dari situs lelang pada tahun 2006 dengan harga lebih dari 10,5 juta rupiah. Saat dibeli, mobil itu dalam keadaan tak terawat.

Dalam keterangan video yang beredar di YouTube, Phil Weicker dan Duncan Forster yang sekarang tinggal di Los Angeles mengaku menciptakan bak mandi berjalan itu untuk memecahkan rekor kecepatan untuk kendaraan sejenisnya di Bonneville Salt Flats (dataran garam) di negara bagian Utah, Amerika Serikat. Mereka mendapatkan gagasan tersebut saat menjadi mahasiswa di McMaster University di kota Hamilton, provinsi Ontario, Kanada pada tahun 1990-an.

Mengutip keterangan dari stasiun WKRC, kendaraan itu dapat menampung 5 orang, termasuk pengemudinya. Mesin mobil dipakai untuk menjalankan mobil dan memanaskan bak mandinya pada suhu 39 derajat Celcius. Dari CBC/Radio Kanada, disebutkan bahwa mereka menggalang dana melalui situs Kickstarter dan meraup dana lebih dari 150 juta rupiah untuk mewujudkan gagasan unik tersebut kira-kira setahun lalu.

Pemandangan dataran garam Bonneville Salt Flats di Utah

Menurut laporan Motor Authority pada musim semi 2015 lalu, pasangan itu memecahkan rekor tidak resmi kecepatan kendaraan bak mandi  mereka dengan kecepatan tertinggi sekitar 80 kilometer/jam. Sayangnya, pencatatan rekor resmi dibatalkan justru karena air dalam bak mandi berjalan itu tumpah di Bonneville Salt Flats. Bonneville Salt Flats cenderung ringkih, sehingga tumpahan air tersebut dianggap mengganggu kawasan itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.