Sukses

Akses Internet Gratis bagi Pendaki Gunung Fuji

Para pendaki Gunung Fuji akan dapat memanfaatkan layanan internet gratis saat mendaki gunung tertinggi di Jepang itu.

Liputan6.com, Tokyo Pendaki gunung tertinggi di Jepang, Gunung Fuji, akan segera terhubung dengan layanan internet nirkabel gratis.

Layanan internet gratis akan mulai diberlakukan pada 10 Juli sampai September mendatang melalui hotspot wi-fi yang tersebar di 8 lokasi, termasuk puncak Gunung Fuji, menurut laporan Asahi Shimbun.

Pihak pariwisata Jepang mengatakan, mereka sudah mengabulkan permintaan para wisatawan Amerika dan Eropa yang ingin menggunakan internet saat mendaki gunung.

Langkah tersebut diharapkan akan menarik lebih banyak pengunjung.

"Kami berharap orang-orang yang menggunakan layanan ini tidak hanya memberitahu wisatawan mancanegara tentang aktivitas para pengunjung selama berada di Gunung Fuji, melainkan juga menyebarluaskan informasi cuaca demi keselamatan masing-masing," kata seorang staf pariwisata. 

Pemerintah daerah setempat bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi untuk memasang layanan baru ini.

Ide ini menimbulkan pro dan kontra. Sebagian orang setuju karena mereka bisa berbagi pengalaman perjalanan dengan teman-teman dan keluarga, sementara lainnya tidak yakin kalau smartphone bisa diakses di pegunungan, terutama saat melacak keberadaan orang.

Beberapa respons publik terkait pemberitaan ini dikutip oleh BBC News, Rabu (8/7/2015).

"Free wi-fi? Maaf, tidak seluruh titik-titik lokasi alam harus terhubung ke internet," tulis seorang pengguna. 

Pengguna lainnya menambahkan secara sinis, "Dalam memori sebagian orang, mereka benar-benar kecanduan menggunakan internet.” (fhh/heidy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini