Sukses

Skotlandia Larang Makan Pisang Selama 24 Jam

Dalam rangka festival perahu tahunan Skotlandia, peraturan aneh larangan makan pisang pun harus dipatuhi warga setempat.

Liputan6.com, Portsoy, Skotlandia Penggemar pisang di sebuah kota dekat pantai Skotlandia harus menunggu satu hari sebelum kembali diizinkan memakan buah berwarna kuning favorit mereka.

Peraturan aneh ini diberlakukan semata-mata demi menghormati takhayul selama berlangsungnya festival perahu tahunan.

Kota Portsoy, yang berlokasi di Aberdeenshire, menjadi tuan rumah Festival Tahunan Perahu Tradisional Skotlandia sejak 1994. Festival perahu tahunan begitu kuat mendorong tumbuhnya perekonomian lokal.

Pengumuman larangan makan pisang telah dipasang di tempat-tempat yang mendeklarasikan zona bebas pisang. Bahkan, toko es krim setempat menarik es krim rasa pisang selama festival berlangsung.

Adapun The Batty Post, Selasa (7/7/2015) memberitakan, tidak ada protes yang dilayangkan warga setempat, meskipun monyet-monyet lucu di kebun binatang tetap diberi makan pisang pada hari festival berlangsung.

Peraturan aneh ini sebenarnya berasal dari para pelaut Skotlandia. Maksud larangan makan pisang selama 24 jam juga tidak jelas maknanya. Namun, banyak teori yang dianggap mendukung. Salah satu di antaranya bercerita tentang hari-hari awal maraknya industri pisang. Kapal sering kelebihan beban akibat mengangkut buah tropis (pisang). Kecelakaan pun tidak dapat dihindari.

Kapal yang ditumpangi para pelaut terbalik tatkala mereka dalam pelayaran kembali ke pelabuhan di Eropa. (fhh/heidy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini