Sukses

Tank Jerman Ditemukan di Ruang Bawah Tanah Milik Pensiunan

Ruang bawah tanah pensiunan ternyata menyimpan benda bersejarah peninggalan Perang Dunia II.

Liputan6.com, Heikendorf, Jerman Polisi di Jerman utara menyita tank Jerman Perang Dunia II yang disimpan di ruang bawah tanah milik seorang pensiunan.

Tank Panther dikeluarkan dari sebuah rumah tua berusia 78 tahun di kota Heikendorf lengkap dengan pelbagai peralatan militer lainnya, termasuk torpedo dan senjata antipesawat, sesuai laporan situs Der Tagesspiegel.

Upaya mengeluarkan tank tersebut bukan pekerjaan mudah. Tentara harus menggunakan tank modern untuk mengangkut Panther itu dari ruang bawah tanah. 20 tentara dikerahkan dan butuh waktu sekitar 9 jam untuk mengangkutnya.

Warga setempat berkumpul di ujung jalan masuk untuk menonton. Jaksa di kota terdekat melakukan penyelidikan apakah koleksi militer pria pensiunan ini melanggar kepemilikan kontrol senjata perang milik Jerman.

Dalam laporan BBC News, Senin (6/7/2015), jaksa setempat memberikan informasi tentang isi gudang berupa tank kepada khalayak ramai di Berlin. Hal itu bertujuan meminimalisasi pencurian peninggalan Nazi yang masih tersisa di ruang bawah tanah rumah itu.

 Pensiunan punya peralatan militer senjata anti-pesawat dan torpedo

Tampaknya kehadiran tank tersebut tidak terlalu rahasia. Beberapa media Jerman menyebutkan, warga pernah melihat orang mengemudikan tank sekitar 30 tahun yang lalu. Orang itu pandai mengemudikan tank dan menelusuri jalan-jalan sekitar kota.

"Mungkin berkat Panther, dia berhasil melewati bencana salju pada tahun 1978. Saya menganggap ia sebagai orangtua yang nyentrik,” ujar Wali Kota, Alexander Orth. (fhh)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.