Sukses

Anjing Heroik Selamatkan Gadis Cilik Dimuliakan dengan Patung

Berkat upayanya menyelamatkan gadis kecil dari serangan banteng, anjing pemberani ini dimuliakan lewat patung memorial.

Liputan6.com, Pancevo, Serbia - Keberanian Leo membuat siapa pun berdecak kagum. Anjing heroik Serbia tersebut tidak takut pada anjing yang lebih besar darinya. 

Leo kecil paling suka dipeluk oleh pemiliknya atau naik di kursi belakang mobil keluarga. Suatu hari keberanian sejati Leo diuji.

Setahun lalu, seekor banteng menyerang gadis kecil berusia 10 tahun. Namun Leo tanpa rasa takut melompat untuk menyelamatkannya.

Dia menggonggong dan menggigit banteng dengan susah payah. Sayangnya, si anjing pemberani ini kehilangan nyawanya.

Kisah heroik penyelamatan Leo begitu membekas di hati warga Serbia.

Dua pekan lalu, sebuah patung perunggu seukuran Leo berdiri kokoh di sebelah areal bermain anak-anak di taman Kota Pancevo. Memorial bertujuan untuk menghormati anjing sekaligus mengajarkan anak-anak tentang persahabatan dan pengorbanan hewan.

Menurut pemberitaan Huffington Post, Minggu (5/7/2015), inisiatif mendirikan memorial untuk Leo didorong kelompok pendukung hak-hak hewan. Dukungan ini mendapat respons positif warga luas melalui jejaring sosial dan media lokal. 

Leo adalah memorial anjing pertama di Serbia.

"Ide kami demi meningkatkan kesadaran tentang betapa pentingnya hewan bagi kita dan bagaimana mereka selalu ada untuk kita saat kita membutuhkan mereka," jelas Ivan Kurajov, salah satu aktivis. (Fhh/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.