Sukses

Unik, Gundukan Rumah Rayap Berkostum

Gundukan rayap berkostum ini bahkan populer di kalangan turis, yang sering kedapatan tengah berfoto di samping benda ini.

Liputan6.com, Queensland - Gundukan rumah rayap di pedalaman Wilayah Utara Australia ini tak pernah dibersihkan. Tapi justru dihiasi dan diberi kostum pakaian hingga barang-barang aneh lainnya.

Gundukan rayap berkostum ini bahkan populer di kalangan turis, yang sering kedapatan tengah berfoto di samping benda ini.

Tradisi unik mendekorasi gundukan rumah rayap, kini, tengah didokumentasikan oleh mahasiswa jurusan Seni Visual di Universitas Charles Darwin, Ian Hance.

Ian mengatakan, ia telah melewati jalan tol berkali-kali dan melihat gundukan rumah rayap setinggi dua meter, mengenakan properti seperti topeng, topi, botol, bra, helm, kacamata olahraga, tongkat dan roda.

"Kami berusaha untuk menemukan fitur wajah di gundukan rayap ketika kami melihat mereka berpakaian agar terlihat lebih manusia, itu adalah perkembangan alami," ujar Ian seperti dikutip dari ABC.net.au, Minggu (4/7/2015).

"Jelas ada unsur lucu bagi mereka, yang khas humor Australia, tetapi beberapa gundukan ini tampak lebih jahat," jelas dia.

Ian melukis potret dari gundukan tersebut, yang ia foto dari sepanjang Stuart Highway antara Darwin dan Alice Springs.

Sebagai bagian dari gelar Master-nya, Ian juga telah menciptakan sebuah situs bagi publik untuk membagi pengalaman mereka dalam menciptakan atau melihat gundukan rayap berkostum, secara anonim.

Ian menyebut, ada gundukan rayap berkostum dalam jumlah yang banyak di sepanjang jalan tol antara Katherine dan Larrimah, bersamaan dengan sekelompok besar benda ini di sekitar Threeways Roadhouse dan Alice Springs.

"Banyak di antaranya memiliki unsur seksual, sementara yang lain tampaknya memuat pernyataan politik atau dibuat oleh wisatawan untuk memperingati perjalanan mereka di kawasan itu," cerita dia.

Di antara 350 fotonya, terdapat gundukan rumah rayap berpakaian seperti tentara dengan tongkat untuk senjata; atau seperti pedagang dengan pakaian unik; dan bahkan memuat referensi Alkitab tentang patung 'Madonna and Child' karya Michelangelo.

Ian juga mengaku pernah melihat sejumlah besar gundukan rayap berpakaian Sinterklas menjelang Natal tahun lalu. "Gundukan itu lucu, namun ada juga yang tampak luar biasa," tutur dia.

Menurut Ian, mendandani gundukan itu dengan kostum tak menyebabkan kerusakan apapun pada rayap. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini