Sukses

Kafe Turki dengan Seluruh Staf Pengidap Down Syndrome

Menurut pemilik, kafe ini bertujuan mendukung pengidap Down syndrome hidup mandiri dan penuh arti.

Liputan6.com, Istanbul Sebuah kafe si Istanbul, Turki menjadi tajuk utama dengan hanya mempekerjakan orang-orang penyandang Down Syndrome. Staf kafe yang disebut Down Cafe ini adalah pemuda-pemudi berusia 19 sampai 25 tahun, dan bertujuan memberdayakan mereka agar mandiri dan percaya diri.

Saruhan Singen, yang mendirikan kafe di distrik Sisli Istanbul, Turki, mengungkapkan bahwa kafe ini terinspirasi dari pengalamannya membesarkan anak perempuan dengan Down Syndrome. Kini putrinya juga bekerja di kafe.

“Bagi saya, Sezil merupakan berkah dan membantu saya mengerti orang-orang lain seperti dirinya,” tutue Singen pada Oddity Central, Jumat (3/7/2015). “Saat kita berpikir tentang jumlah orang pengidap Down syndrome, tidak banyak pilihan karier yang tersedia.”

Menurut Asosiasi Nasional Down Syndrome Turki, hampir 15.000 bayi yang dilahirkan setiap tahunnya menyandang Down syndrome. Artinya, diperkirakan saat ini ada 100.000 orang dengan Down Syndrome tinggal di Turki.

foro: Oddity Central

“Perawatan medis yang maju penting bagi mereka yang berkebutuhan khusus, namun lebih penting lagi untuk kita membantu mereka hidup mandiri dan penuh arti sebisa mungkin.”

Singen mengaku, saat pertama kali membuka kafe di tahun 2011, bisnisnya berjalan lambat. Orang-orang ragu untuk datang ketika mengetahui tentang sistem staf yang tidak biasa. Namun, mereka yang sudah datang bisa menghargai suasana kafe begitu rasa kaget mereka hilang. Tidak lama, kafe pun dipenuhi pelanggan.

“Saya rasa kafe ini juga mambantu orang-orang menghilangkan prasangka mereka terhadap kaum difabel, dan memberi kesempatan bagi mereka penyandang Down syndrome untuk membuktikan diri dan menunjukkan bakat mereka,” ungkap Singen. “Mereka ingin punya teman, mereka ingin diterima oleh masyarakat, dan mereka ingin bakatnya diakui. Inilah mengapa kita perlu sponsor, donor, dan yang paling penting pengunjung untuk meningkatkan jumlah kafe seperti Down Cafe,”

Down Cafe merupakan proyek gabungan Istanbul Foundation for Mentally Disordered People dan kotamadya Sisli, disponsori oleh Alternative Life Association. Tempat ini buka dari jam 9 pagi sampai 5 sore pada hari kerja, dan bisa menampung 40 pengunjung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini