Sukses

Unik, Patung-Patung Ini Bisa Meliuk

Secara sepintas, patung-patung itu seperti terbuat dari bahan pejal dan keras.

Liputan6.com, New York Sebuah pameran patung mengejutkan para pengunjung karena patung-patung itu dapat ditarik memanjang secara luwes. Secara sepintas, patung-patung kepala itu seperti terbuat dari bahan pejal dan keras.

Li Hongbo, sang seniman asal Beijing pembuat karya seni unik itu mengatakan, “Pada awalnya saya menemukan sifat keluwesan kertas ini pada mainan kertas yang lazim di Tiongkok dan lentera kertas. Kemudian saya menggunakan kertas untuk membuat sebuah pistol. Pistol yang pejal dipakai untuk membunuh, namun saya menjadikannya sebagai perangkat permainan ataupun hiasan.”

Ia melanjutkan, “Dengan demikian, benda itu kehilangan bentuknya sebagai pistol, dan pandangan budaya terhadap pistol pun berubah. Nah, semuanya berubah menjadi permainan.”

Keterangan lanjutan dalam video unggahan arbideejay1 ini menyebutkan bahwa Li menggunakan stensil untuk mengoleskan perekat pada sehelai kertas tipis dan lebar untuk kemudian direkatkan bersama menjadi tumpukan 500 helai kertas. Sejumlah tumpukan digabungkan lagi sesuai dengan tinggi patung yang diinginkan. Misalnya, patung berbentuk dada ke atas memerlukan sekitar 10 tumpukan atau 5000 helai kertas.

Dalam karya-karyanya yang terkini, ia sengaja menggunakan replika sempurna patung-patung dada yang klasik maupun bentuk-bentuk yang dibuatnya di universitas. Menurut Li, “Aneh dan mengusik adalah beberapa kata sifat yang dilontarkan oleh sebagian orang. Sebenarnya, manusia memiliki pengertian yang ajeg tentang apakah manusia itu, dan berpikir bahwa manusia tidak dapat diubah secara jasmani. “

Pria itu melanjutkan, “Sehingga, ketika seseorang mengubah bentuk manusia, orang akan berpikir ulang mengenai sifat alami benda-benda dan maksud di balik penciptaan.”

Pameran “Perangkat Pembelajaran” yang digelarnya di galeri Klein Sun di New York pada awal Januari lalu telah menarik minat. Namun demikian, karena tidak diperbolehkan menyentuh karya seni unik itu, banyak pengunjung yang penasaran. Li menyadari hal ini, sehingga dalam pameran di Sydney, ia menyediakan sejumlah model patung kecil yang dapat diutak-atik oleh pengunjung. Mengenai harga untuk karya seni tersebut, Li enggan bercerita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini