Sukses

Celana Dalam 114 Cm Milik Ratu Victoria Dilelang

Pakaian dalam keluarga kerajaan itu dalam keadaan sangat bagus, diperkirakan akan terjual ribuan poundsterling saat dilelang pekan depan.

Liputan6.com, London - Pakaian dalam milik Ratu Inggris, Victoria, akan dijual lewat lelang di Wiltshire. Jenis yang akan diikutsertakan dalam acara tersebut adalah celana dalam berukuran lingkar pinggang 114 cm yang terbuat dari katun.

Celana yang dibordir monogram VR itu dijual atas nama Museum Yesterday's World di Sussex.

"Kami dapat mengetahui umur celana tersebut dengan mengukur pinggang, dan celana ini berasal dari 10 tahun terakhir kehidupannya," kata pelelang Richard Edmonds seperti dikutip dari BBC, Kamis (2/7/2015).

Selain celana dalam, barang-barang lain yang juga akan dijual adalah pakaian tidur dan stoking ratu Inggris yang paling lama berkuasa itu. Dalam pelelangan yang digelar 11 Juli mendatang, stoking dan sepatu yang dikenakan oleh anak ketiga Ratu Victoria, Princess Alice dan replika dari Crown Jewels juga termasuk yang akan dilelang.

Pakaian dalam keluarga kerajaan itu dalam keadaan sangat bagus, diperkirakan akan terjual ribuan poundsterling saat dilelang pekan depan.

Edmonds dari Chippenham Auction Rooms mengatakan dia menggunakan metode yang sudah teruji -- dengan mengukur ukuran pinggang -- sehingga mengetahui umur celana dalam itu berasal dari sekitar tahun 1891.

"Saat masih muda dia lebih langsing, tetapi celananya menjadi lebih besar saat dia tua," ucap Edmonds.

"Ada catatan terkait foto Ratu Victoria, sehingga memungkinkan kami untuk menghitung ukuran pinggangnya, jadi kami mengetahui kira-kira kapan dia memakai pakaian seukuran ini," tambah Edmonds.

Menurut Edmonds, pakaian berusia 125 tahun itu dibeli oleh Yesterday's World Museum dari keturunan salah satu penerus Ratu Victoria.

"Produk pakaian Ratu Victoria sering diberikan kepada anggota keluarga kerajaan, khususnya setelah kematiannya pada tahun 1901," ucap Edmonds.

"Dan mereka dicap dengan lambang kerajaan yang membuktikan mereka dari lemari kerajaan," tambah dia.
 
Sebelumnya pada tahun 2014, sepasang celana sutra Ratu Victoria terjual dalam lelang di Kent seharga 6.200 poundsterling atau sekitar Rp 129 juta. (Tnt/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.