Sukses

Sergapan Maut Burung Elang

Untuk hewan di udara, burung elang mendapat tempat terhormat di puncak rantai makanan.

Liputan6.com, Amerika Serikat Sejumlah hewan dikenal sebagai pemangsa dan berada di puncak rantai makanan dalam ekosistem. Biasanya, hewan yang paling ganaslah yang berada di urutan puncak. Untuk hewan di udara, burung elang mendapat tempat terhormat itu.

Cuplikan video YouTube unggahan YourTopTenList ini menampilkan tiga peristiwa penyergapan mangsa yang dilakukan oleh burung elang. Dalam tayangan itu, tiga ekor burung elang yang berbeda terekam sedang menyambar burung hantu, kijang, dan serigala. Jelas sekali dalam tayangan itu bahwa ada mangsa korbannya yang berukuran cukup besar.

Sejumlah penjelasan di dunia maya menyebutkan bahwa populasi burung elang semakin menyusut. Salah satu yang paling terkenal adalah burung elang botak (bald eagle) yang bulunya berwarna coklat tua dengan ekor berwarna putih.

Burung ini kebanyakan terdapat di benua Amerika, mulai dari Kanada, Alaska, hingga ke perbatasan Meksiko. Makanan burung elang botak ini adalah ikan, mamalia kecil, dan kadang-kadang memakan bangkai.

Salah satu kehebatan burung ini adalah kesetiaan kepada pasangannya. Burung elang ini hanya memiliki satu pasangan seumur hidupnya dan sangat melindungi keluarganya. Bukan hanya itu, burung elang botak dapat melihat mangsanya dari jarak 3,2 kilometer dan terbang hingga 160 kilometer/jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.