Sukses

Cara ‘Pintar’ Gunakan Mesin Pemotong Rumput

Mesin tersebut bisa memotong rumput tanpa harus dipegangi oleh pemakainya.

Liputan6.com, Amerika Serikat Sebuah video tentang pemakaian mesin pemotong rumput diunggah ke YouTube. Dalam video itu terlihat bagaimana pengguna mengikatkan mesin pemotong rumput itu pada seutas tali yang terhubung dengan tonggak yang berfungsi sebagai poros gerak.

Seutas tali lainnya digunakan untuk menjaga mesin tetap hidup. Setelah dinyalakan, mesin itu dibiarkan bergerak mengikuti alur lingkaran dan perlahan-lahan mendekat ke tonggak itu. Dengan demikian, dalam video unggahan 99bbtom itu, mesin tersebut dapat memotong rumput tanpa harus dipegangi oleh pemakainya.

Namun demikian, ada pandangan yang berbeda mengenai gagasan yang tampaknya cerdas ini. Sejumlah pemirsa menganggap cara ini sebagai bentuk penyalahgunaan mesin pemotong rumput, karena penggunaannya tidak melibatkan kendali penuh secara bertanggung jawab.

Suatu artikel lawas di USA Today menyebutkan bahwa secara rata-rata ada 17 ribu anak yang cedera karena mesin pemotong rumput. Kecelakaan pada anak-anak kerap terjadi. pada 2011, dari 83.291 orang yang dilarikan ke Unit Gawat Darurat (UGD), 3.780 diantaranya adalah anak berusia di bawah 14 tahun.

Pada dasarnya, walaupun cara tersebut terlihat cerdas, pemakaian mesin pemotong rumput harus terus berada di bawah kendali penuh pengguna yang bertanggung jawab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.