Sukses

Cara Mudah Mengintip Permukaan Bulan

Secara tidak resmi, pengunggah video tersebut menganggap hal ini sebagai rekor dunia untuk sebuah lensa komersial umum.

Liputan6.com, Dohr - Seorang penggemar fotografi mengunggah sejumlah videonya saat menjajal lensa-lensa jarak jauh (zoom) keluaran perusahaan Jepang.

Dalam video yang diunggah ke YouTube oleh akun Naturbeobachtungen von Lothar Lenz, terlihat upaya menjajal lensa dengan kekuatan perbesaran optikal hingga 83 kali untuk mengintip permukaan bulan.

Saat gambar bulan diperbesar dengan kekuatan penuh, pemirsa dapat melihat permukaan bulan. Namun, lebih hebat lagi, pemirsa dapat melihat bulannya sedang bergerak selagi pengamatan berlangsung! Secara tidak resmi, pengunggah video tersebut menganggap hal ini sebagai rekor dunia untuk sebuah lensa komersial umum.

Mengutip situs NASA, jarak bulan pada posisi terdekatnya dengan planet bumi adalah sekitar 360 ribu kilometer. Pada titik terjauhnya, jarak bulan ke bumi adalah sekitar 405 ribu kilometer.

Dua jarak yang berbeda ini disebabkan oleh orbit bulan yang berbentuk lonjong (ellipse). Dalam profil YouTube-nya, pengguna tersebut mengaku sebagai penggemar fotografi dan senang berbagi objek-objek fotografi yang unik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.