Sukses

28-6-1997: Insiden Mike Tyson Gigit Kuping Evander Holyfield

Sejak awal pertandingan 'balas dendam' Tyson ini, Holyfield sudah tampak unggul.

Liputan6.com, Jakarta - 18 Tahun silam, sebuah insiden dalam dunia tinju terjadi saat pertarungan antara Mike Tyson dan Evander Holyfield. Si Leher Beton, sebutan Tyson, secara tak terduga menggigit kuping Holyfield di ring tinju MGM Grand Arena, Cesar Palace, Las Vegas, pada 28 Juni 1997.

Ini merupakan pertandingan kedua, setelah Tyson kalah TKO (tehcnical knockout) dari Holyfield yang berjuluk "The Real Deal" dalam ronde ke-11, pada November 1996. Demikian seperti dimuat Liputan6.com dari History.com, Minggu (27/6/2015).

Sejak awal pertandingan 'balas dendam' Tyson ini, Holyfield sudah tampak unggul. Beberapa kali, ia berhasil memukul Tyson dan mendapat banyak teriakan keras sebagai bentuk dukungan dari para penonton. Berbeda dari biasanya, audiens lebih banyak mendukung Tyson.

Holyfield tampil lebih kuat dari sebelumnya. Sedangkan, Tyson tampak frustasi menghadapi Holyfield yang bertarung lebih gemilang. Wasit sempat menghentikan pertandingan, walau duel baru berlangsung 2 ronde.

Pada ronde ketiga, Tyson makin tak terkendali. Ia menggigit telinga sebelah kanan Holyfield sampai putus. Tyson lalu seperti membuang sesuatu dari mulutnya ke lantai arena tinju. Pertandingan pun dihentikan sejenak, dan dilanjutkan meski luka Holyfield cukup parah.

Alih-alih melanjutkan pertandingan sportif, Tyson malah mengulangi aksi gigit kupingnya. Kini giliran telinga kiri Holyfield yang jadi sasaran. Tyson menyerang telinga lawannya lagi menggunakan rahangnya.

Saat ronde ke-3 tinggal 10 menit lagi, sang wasit menghentikan pertandingan dan mendiskualifikasi Tyson yang juga berjuluk "Baddest Man on the Planet". Otoritas Tinju Nevada mengevaluasi pertandingan dan menyita hadiah untuk pemenang US$ 30 juta.

Dalam tayangan ulang televisi, terlihat Tyson 'memanfaatkan' clinch atau gerakan mendekati atau memeluk lawan, untuk menggigit kuping Holyfield. Pada 9 Juli 1997, Tyson akhirnya diskors selama setahun dari ring tinju dan didenda US$ 3 juta.

Bagi Holyfield, gigitan itu dinilai karena Tyson takut kalah. "Orang tidak menggigit karena mereka jahat. Orang menggigit karena mereka takut," ujar dia, seperti dimuat The Sun.

Sementara, Tyson mengaku tak percaya jika pada akhirnya ia melakukan aksi yang dikenal dengan 'Bite Fight' itu. "Saya akui saya telah melakukan hal yang sangat buruk. Dunia tak pernah melihat saya bertingkah seperti itu."

Sejarah lain mencatat, pada 28 Juni 1944, terjadi peristiwa 'Mandor Berdarah', di mana warga Mandor, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat dibantai Jepang. Ribuan orang Indonesia meregang nyawa. (Rmn/Nda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini