Sukses

Karya Seni Menakjubkan dari Ratusan Ribu Tusuk Gigi

Sudah ada sejumlah karya seni sejenis yang lebih besar ukurannya, namun karya ciptanya merupakan yang pertama kali memasukkan unsur gerak.

Liputan6.com, San Francisco - Seorang seniman bekerja keras menciptakan tiruan tempat-tempat terkenal di San Francisco, menggunakan lebih dari 100 ribu potong tusuk gigi. Bukan hanya itu, karyanya itu dikerjakan selama 35 tahun. Menakjubkan!

Maka tak mengherankan kalau karya Scott Weaver itu memiliki ketelitian yang tinggi. Dalam karyanya, dapat terlihat jembatan Golden Gate dan gelanggang San Francisco Giants. Di sisi lain, ada bentuk-bentuk fantasi seperti sosok seekor naga.

Narasumber video YouTube untuk laporan ini diunggah oleh akun TARIQWAX201088. Dalam keterangan rekaman tersebut, Scott Weaver mengakui bahwa sudah ada sejumlah karya seni sejenis yang lebih besar ukurannya. Namun karya ciptanya merupakan yang pertama kali memasukkan unsur gerak (kinetik).

Ketika 'wisata' karya tusuk gigi itu dimulai, sebuah bola pingpong dijatuhkan ke 'jalur' yang tersedia. Lalu alur geraknya membawa orang yang menyaksikannya ke tempat-tempat khas San Francisco yang ada pada seni unik tersebut.

Di situs Scott Weaver, ia mengatakan bahwa ia mengumpulkan tusuk gigi dari berbagai tempat di seluruh dunia. Bahkan bagian-bagian yang berbeda dibuat menggunakan merek yang berbeda. Sebagai contoh, sejumlah pohon di ‘taman’ Golden Gate dibuat dari tusuk gigi dari Kenya, Moroko, Spanyol, Jerman Barat, dan Italia. Sementara bentuk hati dalam Palace of Fine Arts dibuat dari tusuk gigi yang dibuang orang, selama pesta pernikahannya dengan istrinya, Rochelle.

Karya ini dipamerkan di Tinkering Studio yang terletak di dalam Exploratorium, suatu museum ilmu pengetahuan, seni dan persepsi manusia di San Francisco. Keren!

(Alx/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.