Sukses

Menilik Cara Mengecat Rambu Permukaan Jalan

Walaupun tampak remeh, pengecatan rambu-rambu permukaan jalan raya memerlukan ketepatan dan kecepatan yang tinggi.

Liputan6.com, Brest - Pernah penasaran bagaimana caranya mengecat garis-garis rambu di permukaan jalan raya? Walaupun tampak remeh, pengecatan rambu-rambu di permukaan jalan raya memerlukan ketepatan dan kecepatan yang tinggi.

Kemajuan teknologi kimia memungkinkan penggunaan bahan pewarna termoplastik (thermoplastic) untuk mempermudah pengecatan garis-garis di permukaan jalan.

Termoplastik adalah bahan plastik yang lembek sehingga dapat dibentuk di atas suhu tertentu, namun kemudian menjadi keras ketika suhunya turun. Umumnya material tersebut memiliki berat molekuler yang tinggi.

Selanjutnya, dijelaskan bahwa cat jalan termoplastik adalah sejenis cat bubuk. Ketika dipakai untuk mengecat permukaan jalan, bubuk itu dimasukan dalam bejana pemanas pada suhu 200 derajat Celcius hingga meleleh. Lalu disemprotkan ke permukaan jalan.

Cat jenis ini membuat lapisan plastik tebal yang tahan cuaca, terang dan memantulkan cahaya.

Namun demikian, beberapa tahun belakangan ini disadari bahwa lapisan cat terlalu mulus sehingga malah menaikkan risiko kecelakaan di kala hujan atau salju. Dengan alasan itu, sejumlah negara malah melarang penggunaan bahan cat ini.

Dalam video YouTube yang diunggah oleh Zapiton ini, ditayangkan cara pengecatan garis-garis rambu permukaan jalan yang dilakukan oleh perusahaan STiM di Belarus.

Berikut ini rekaman selengkapnya:

Dalam situs web resminya, dijelaskan bahwa perusahaan ini didirikan pada 1998 di Kawasan Ekonomi Bebas di Brest. Kawasan ini terletak di perbatasan CIS (Commonwealth of Independent States) dan Uni Eropa.

Dalam perkembangannya, perusahaan spesialis rambu jalan raya ini telah memiliki dealer tambahan, yaitu STiM-Moskow (Rusia), Kontur (Polandia), dan STiM-Ukraina. (Alx/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.