Sukses

Misterius, Kendaraan Malah Menurun ke Atas

Di sepanjang jalan itu, kendaraan yang menuruni jalan malah semakin melambat.

Liputan6.com, Ayrshire - Sebuah ruas jalan berpemandangan indah di Ayrshire, Skotlandia, memiliki misteri. Di sepanjang jalan itu, kendaraan yang menuruni jalan malah semakin melambat. Sebaliknya, kendaraan yang menanjak di jalan itu malah meluncur semakin cepat.

Sudah banyak teori konspirasi terkait dengan teka-teki itu, mulai dari kekuatan magnet istimewa hingga kehadiran kekuatan supranatural. Untuk menjawab teka-teki itu, seorang ahli sipil bernama Chris English melakukan penyidikan menggunakan teodolit. Teodolit adalah suatu perangkat canggih yang dipakai untuk mengukur sudut terhadap bidang tegak maupun bidang datar.

Hasilnya, Chris English mendapati bahwa ujung “tinggi” di jalanan itu terukur memiliki ketinggian 89 meter di atas permukaan laut (dpl). Di ujung jalan yang “rendah” terukur memiliki ketinggian lebih dari 92 meter dpl. Ternyata semua keanehan selama ini hanyalah ilusi optikal pada skala besar.

Menurut ahli psikologi Dr. Rob McIntosh, ilusi optikal di ruas jalan ini terjadi karena bentang alam di sekitarnya. “Seandainya kita memiliki wawasan pandang yang cukup, ternyata kita sedang berdiri di atas badan tanah yang miring. Seluruh bentang alamnya miring sedemikian rupa dan ruas jalannya pun miring dengan arah yang sama, tapi sudut kemiringannya lebih kecil.” Nah, masih bingung? Anda bisa menemukan fenomena ini bila berkunjung di Rumah Miring Dunia Fantasi, Ancol.

(alx/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini