Sukses

Kala Manusia Plesir ke Mars

Bagaimana jika kita bisa traveling ke planet Mars?

Liputan6.com, Jakarta Fotografer Perancis Julian Mauve menampilkan potensi eksplorasi luar angkasa dengan aksi khas turis manusia bumi dalam seri foto naratif berjudul “Greetings from Mars”. Foto bertema sci-fi ini mengkombinasikan lanskap alien dengan sikap yang kita sudah terlalu familiar –berpose dengan kamera dan memasukkan lansekap.

foto: Julien Mauve

“Saya terkesan dengan Mars sejak masih anak-anak,” Jelas Mauve pada Huffington Post, Senin (22/6/2015). Saya masih ingat saat kuliah membuat presentasi. Kami mendengar banyak tentang NASA, Elon Musk, dan SpaceX akhir-akhir ini. Juga Mars One, perusahaan yang menawarkan orang-orang tiket sekali jalan untuk membangun koloni manusia di Mars. Eksplorasi luar angkasa dan kolonisasi merupakan petualangan terhebat abad ini dan bahwa kita bisa menjadi saksi mata selagi hidup lebih-lebih menyenangkan.”

foto: Julien Mauve

Mauve memperhitungkan kemungkinan turisme luar angkasa di masa depan dengan realitas media sosial di era kini. “Kira sudah mengembangkan bahasa baru untuk mengkomunikasikan emosi dengan gambar. Saya sungguh terkesan,” ujar si seniman yang mengidentifikasi smartphone sebagai teknologi yang memudahkan kita menulis cerita kita sendiri.

foto: Julien Mauve

“Sementara, bumi semakin kecil. Kita hanya 12 jam dan $800 dari sisi lain bumi. Kondisi traveling yang mudah sudah membuat turisme menjadi aktivitas yang penuh manfaat. Orang-orang bisa bepergian dan menikmati tempat-tempat yang hanya bisa dibayangkan 50 tahun lalu. Sekali masalah transportasi terselesaikan, dan kita tidak terkena masalah besar, turisme luar angkasa untuk kelas menengah bisa menjadi sesuatu yang terjadi kurang dari 100 tahun lagi.” Seri foto Mauve menampilakan pemandangan menakjubkan planet merah yang senyap, dengan petualang tanpa identitas bersemangat dalam mengeksplorasi tanah, dan yang lebih penting, mendokumentasikannya.

foto: Julien Mauve

Mauve menjelaskan setting dari seri foto-nya: “Sepasang manusia menjadi turis Mars untuk pertama kalinya, dan membagi pengalaman mereka melalui foto. Termasuk foto diri mereka. Namun lucunya, kita tidak melihat wajah mereka. Siapa saja bisa ada di dalam pakaian luar angkasa, dan tidak lagi berlaku aturan dasar selfie.”

foto: Julien Mauve

Bagaimana jika Anda coba cek, betul tidak 100 tahun lagi prediksi Mauve menjadi kenyataan? Sementara, coba cek karya-karya Mauve lainnya di  julienmauve.com!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini