Sukses

Fenomena Unik Pelangi Ganda di Langit Australia

Ada 2 pelangi terlihat di langit Sydney, Australia. Warga pun membanjiri sosial media dengan postingan foto fenomena unik tersebut.

Liputan6.com, Sydney - Warga Sydney, Australia dihebohkan dengan penampakan fenomena unik berupa pelangi ganda atau dua pelangi. Dunia maya pun ramai dengan postingan foto peristiwa langka itu.

Anthony Duke, seorang ahli meteorologi di Weatherzone mengungkap rahasia di balik terbentuknya 2 bianglala tersebut. Di mana menurutnya itu bukanlah pelangi sungguhan, melainkan hanya bayangan saja.

"Pelangi kedua sebenarnya cerminan dari yang pertama, seperti pantulan gambar pada cermin. Warna merah pada bianglala pertama ada di luar busur (lengkungan), tetapi pada yang kedua akan berada di dalam," tutur Duke seperti dikutip dari News.com.au, Kamis (18/6/2015).

Duke juga mengungkapkan bahwa pelangi kedua jauh lebih tipis dari yang pertama.

"Dibutuhkan sedikit sudut penglihatan yang berbeda, terkait mengapa warna merah bisa muncul di luar pada pelangi pertama dan memudar di bianglala kedua karena melalui lebih banyak rintik hujan," jelas Duke.

Pelangi awal muncul setelah cahaya terpantul sekali ke rintik hujan. Sementara pelangi ganda terjadi ketika sinar memantul melaluinya dua kali.

Sebelumnya pada Juni 2014, fenomena unik terkait pelangi juga pernah terjadi di Inggris. Kala itu, si bianglala muncur terbalik seperti bentuk senyum. (Baca: Pelangi Terbalik Berbentuk Senyum Muncul di Inggris)
 
Jika biasanya susunan wana pelangi merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu, namun tak demikian dengan pelangi yang satu ini. Susunan warnanya justru sebaliknya.

Gambar penampakan pelangi senyum itu terlihat di Bowood Golf Club di Wiltshire. (Tnt/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.