Sukses

Anjing Tua Bertahan Hidup Pakai Kursi Roda

Seekor anjing tua berjenis Staffordshire Bull Terrier harus memakai kursi roda untuk bertahan hidup.

Liputan6.com, Birmingham Anjing semakin mengalami penuaan saat memasuki usia belasan tahun. Itulah yang terjadi pada Zook, seekor anjing berjenis Staffordshire Bull Terrier yang berusia 15 tahun. Zook harus memakai kursi khusus laiknya kursi roda untuk bertahan hidup.

Sekitar dua tahun yang lalu, Zook kehilangan kekuatan pada kakinya untuk bergerak. Hal itu dikarenakan otot spondilosis memengaruhi tulang sehingga menekan tulang belakangnya.

Birmingham Mail melaporkan Zook menjadi “anjing selebriti” menggemaskan setelah Sean Farrel, sang pemiliknya memberikan kursi khusus kepada Zook.

Sean (43) yang berasal dari Bartley Green, berkata, "Zook merupakan “prajurit tua” dan cukup populer di lingkungan tempat tinggal saya, semua orang menyayanginya.”

"Bahkan setiap saya mengajak Zook jalan-jalan, anak-anak selalu menghentikan saya dan meminta berfoto bersama Zook. Anjing itu mampu bertahan melewati segala sesuatu. Padahal, tidaklah mudah. Betapa memilukan dan sangat membingungkan."

Anjing

Sean, yang bekerja sebagai penulis telah memiliki Zook sejak masih anak anjing. Ia menuturkan, Zook termasuk anjing yang menyenangkan dan aktif.

"Tapi karena kondisinya sekarang, dia begitu tampak menyedihkan, seperti pasrah. Ini membuatku benar-benar tidak tahu apa yang harus dilakukan. Dua dokter hewan yang menanganinya menyatakan tidak ada obat untuk kesembuhannya. Melihat wajah sedih Zook, saya ikut stres,” ujar Sean.

"Memahami kondisi Zook, saya mulai melihat banyak anjing menggunakan dukungan kursi roda. Akhirnya, saya putuskan membelikannya kursi roda—yang dipesan lebih dahulu. Saya pakaikan Zook kursi roda. Hasilnya, dia sangat menyukai kursi roda dan benar-benar terlihat hidup kembali. Nafsu makan pun kembali normal," lanjutnya.

Anjing

Sean juga memutuskan untuk membeli kereta kecil untuk Zook berkeliling sekitar.

"Dia benar-benar menyukainya," kata Sean, seperti yang dikutip Daily Record, Jumat (19/6/2015).

"Tatkala dia melihat saya mempersiapkan kereta kecil, dia sangat bersemangat sampai-sampai melompat ke kerah baju saya. Zook bisa kembali melihat dunia demi merangsang otaknya."

Sean selalu mengajak Zook jalan-jalan setiap hari. Dengan kursi rodanya, Zook berhasil berkeliling ke Edgbaston Reservoir, berkunjung ke Bournmouth Beach bahkan klub malam Nightingale—untuk makan siang.

Memetik pelajaran hidup dari Zook, duta kelompok Stourbridge pun membuka pelayanan keselamatan untuk anjing-anjing jenis Staffie lainnya, yang senasib dengan Zook.

(fhh/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini