Sukses

Kabar Parahnya Macet di Jakarta Mendunia, Sampai ke Polandia

Polandia siap membantu Jakarta 'sembuh' dari penyakit kronis ini. Caranya?

Liputan6.com, Warsawa - Kemacetan yang terjadi di Jakarta sudah mencapai klimaks. Kabar kesemrawutan jalanan Ibukota bahkan mendunia, hingga ke negara yang letaknya jauh dari Indonesia: Polandia.

Melihat kronisnya kondisi kemacetan Jakarta, Polandia menyatakan tak ingin tinggal diam. Mereka siap membantu Jakarta 'sembuh' dari penyakit kronis ini.

“Dengan teknologi yang dimiliki, kami siap membantu mengatasi masalah transportasi di Indonesia” kata Leslaw Kuzaj, Presiden Alstom Transport Poland dalam pertemuan dengan Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kemlu RI Dubes Dian Triansyah Djani di kota Chorzow, Polandia.

Menurut Kuzaj, salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan adalah memperkuat kereta api perkotaan. Pihaknya pun akan berinvestasi di Indonesia guna meningkatkan kapasitas sumber daya manusia. Indonesia di bidang perkeretaapian serta membantu meningkatkan kualitas produk komponen perkeretaapian Indonesia sesuai standar internasional.

Niatan dari Alstom Transport Poland disambut baik oleh Dubes Djani. Ia menyebut sistem transportasi yang dikembangkan Alstom Transport Poland memiliki keunggulan masa konstruksi lebih cepat dan biaya lebih kompetitif.

“Kita undang Polandia untuk berpartisipasi mengatasi kemacetan di Jakarta, terutama dari Bandara Soekarno-Hatta ke pusat kota”, ujar Dubes Djani dalam keterangan tertulisnya yang diterima Liputan6.com, Rabu (17/6/2015).

Dubes Djani yang saat ini tengah berada di Polandia turut mendorong pemerintah setempat mendorong lebih banyak warganya untuk berwisata ke Indonesia. Dalam pertemuannya dengan para tur operator Polandia pada 2013 ia menjelaskan sebanyak 15.637 wisatawan Polandia berkunjung ke Indonesia.

Dia berharap angka kunjungan itu bisa bertambah. Sebab, Indonesia memiliki banyak tempat wisata populer yang tak kalah dengan lain serta untuk mengunjuni Indonesia masyarakat Polandia tidak akan menemukan banyak kesulitan.

“Warga Polandia mudah berkunjung ke Indonesia. Pada 9 Juni 2015 Presiden RI telah menandatangani Peraturan Presiden tentang Bebas Visa Kunjungan bagi 45 negara, termasuk Polandia”, pungkas Dubes Djani. (Ger/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini