Sukses

Canggih, Mobil Ini Bisa Berenang dan Menyelam

Seabreacher, mobil yang dapat berenang dan menyelam di air.

Liputan6.com, California - Tahukan Anda ada mobil yang dapat berenang dan menyelam, bahkan lebih kuat dari mobil sport?

Mobil canggih ini bernama Seabreacher. Seperti dilansir Gizmag yang dikutip pada Selasa (16/6/2015), mobil ini dirancang oleh Innespace, sebuah perusahaan desain perahu yang berbasis di California, Amerika Serikat.

Cara mengendarainya hampir mirip seperti bermain jet ski. Namun dengan seluruh permukaan yang tertutup, Anda tidak perlu khawatir basah. Kontrol dalam kabinnya juga menyerupai kapal selam.

Jika Anda merasa sedikit sesak, Seabreacher dapat dioperasikan dengan kanopi terbuka dan masih mempertahankan kecepatan penuh di atas air. Kecepatan mobil amfibi ini dapat mencapai 40 mph dan kecepatan di bawah air mencapai 20 mph, serta dapat menyelam hingga kedalaman 1,5 meter untuk periode singkat.

Anda akan tetap merasa aman lantaran kokpit dan area mesin benar-benar kedap air karena segel pesawat pneumatik yang digelembungkan oleh pilot. Jika kemungkinan ada air yang akan masuk, maka secara otomatis dipompa oleh pompa lambung kapal.

Dengan kapasitas tempat duduk untuk dua orang, Seabreacher dirancang untuk bisa dioperasikan baik di air tawar ataupun air asin. Mobil berbentuk ikan ini dapat diluncurkan dengan mudah dari perahu konvensional dengan menggunakan kereta gandeng yang dibuat sesuai pesanan.

Seabreacher bisa dikatakan lebih kuat ketimbang mobil sport karena 300 tenaga kuda dengan berat hanya 612 kilogram.

Dengan tenaga dan berat tersebut, mobil ini memiliki power to weight ratio (PWTR) yang lebih baik dibanding sport car seperti Ferrari F12 Berlinetta, Lamborghini Aventador, serta Porsche Carrera GT.

Jika PWTR Seabreacher mencapai 490,2, maka tiga mobil sport lain masing-masing hanya memiliki PWTR 451,2, 444,4, dan 404,3.

Seabreacher dipatok dengan harga mulai dari US$ 48.000 atau sekitar Rp 624 juta. Sedangkan untuk versi yang disesuaikan akan lebih mahal.

Terutama bila mencakup fasilitas kanopi berwarna, viewports bawah air, elektronik dan paket instrumentasi serta jok yang disesuaikan. Semua itu membuat Anda perlu merogoh kocek sekitar US$ 68.000 atau sekitar Rp 884 juta. Bagaimana, tertarik untuk memiliki? (Dsu/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini