Sukses

Ngeri.... 'Ikan Hiu' Berenang di Udara

'Ikan hiu' berukuran cukup besar itu melayang-layang di sebuah rumah warga. Anak-anak yang ada di dalamnya pun berteriak ketakutan.

Liputan6.com, Claremont - Bayangkan apa jadinya seekor ikan hiu terbang melayang di udara, bukan di dalam air. Hal itulah yang terekam dalam video berikut ini.

'Ikan hiu' berukuran cukup besar itu melayang-layang di sebuah rumah warga. Anak-anak yang ada di dalamnya pun berteriak ketakutan, tak sedikit yang berlarian dan takjub melihat fenomena tersebut. Ngeri...

Tapi ternyata si ikan hiu adalah suatu karya cipta pesawat berkendali jauh ciptaan Blake English dan Mark Forti. Mereka membuat sosok makhluk laut itu dari balon gas isi helium, agar bisa melayang di udara. Lalu diberi alat kendali jauh.

Untuk keperluan pengendalian, 'ikan terbang' ini dilengkapi dengan sistem giroskopi selayaknya cara pengendalian suatu satelit di orbit. Penggerak pengendalian memerlukan 4 buah baterai berukuran AAA, satu baterai di tubuh ikan dan tiga baterai lainnya di bagian kendali.

Ini dia detik-detik saat 'hiu' itu terbang:

Perusahaan pembuat 'hiu' terbang itu, William Mark Corporation (WMC) didirikan pada tahun 1991. Bertempat di Claremont, California.

Kala itu, Mark Forti menciptakan mainan terbangnya yang pertama, suatu giroskop terbang bernama X-zylo. Saat karya itu dibuat, ia masih di tahun ke-3 kuliahnya di Baylor University.

Mark menunjukkan mainan itu kepada dosennya, dan kemudian memutuskan untuk menjadikannya sebagai proyek untuk tugas kuliah pemasaran. Bersama rekannya, mereka kemudian menciptakan Air Swimmers.

Setelah itu, Mark memasarkannya dari mulut ke mulut dan di media sosial. Hingga saat ini, produk-produk Air Swimmers mencakup ikan hiu, ikan yang lucu, ikan bass, dan sejumlah produk Angry Birds berlisensi. Keren!

(Alx/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.