Sukses

Ipad Ini Bisa Bantu Daratkan Pesawat dalam Kondisi Darurat

Aplikasi itu dapat mengambil alih sistem pilot otomatis dan mendaratkan pesawat dalam keadaan darurat.

Liputan6.com, Springdale Seorang pilot memerlukan keterampilan yang cukup untuk lepas landas maupun mendaratkan pesawat terbang. Namun sekarang sudah ada aplikasi Xavion untuk iPad. Aplikasi itu dapat mengambil alih sistem pilot otomatis dan mendaratkan pesawat dalam keadaan darurat. Aplikasi itu diciptakan oleh pengembang perangkat lunak, Austin Meyer.

Dilansir Daily Mail, Jumat (5/6/2015) disebutkan bahwa aplikasi itu terhubung dengan sistem otopilot pesawat kecil dengan menggunakan WiFi. Dengan demikian, aplikasi tersebut dapat membimbing pilot ke bandara terdekat ataupun kawasan pendaratan lain sekiranya terjadi kegagalan mesin.

Kepada Popular Science, Austin Meyer mengatakan, "Hasil uji yang kami lakukan membawa kami hingga menyentuh landasan. Jika pilot tidak mengambil-alih, bisa terjadi pendaratan kasar dan merusak roda pendaratan".

Aplikasi ini membaca data dari sensor di dalam iPhone dan iPad, lalu Xavion menentukan lokasi dan ketinggian pesawat. Berdasarkan sinyal GPS, Xavion juga menampilkan penelusuran di darat, kecepatan di darat, ketinggian, dan kecepatan vertikal. Jika ada suatu instrumen yang macet, Xavion akan menghadirkan cadangan perkiraan menurut bacaan sensor dalam iPad.

Menurut juru bicara Aircraft Owners and Pilots Association, "Teknologi ini dulunya hanya ada pada pesawat terbang pribadi kelas atas atau yang sekelas Boeing 747, namun perkembangannya telah memungkinkan penyebaran teknologi kepada berbagai jenis pesawat terbang".

"Namun demikian, seorang pilot lazimnya menghentikan perangkat otopilot dalam pendekatan akhir dan mendaratkan pesawat dengan tangan karena kebanyakan sistem otopilot tidak dapat menangani ketinggian dan arah yang diperlukan untuk pendaratan yang tepat". Kecuali kalau ada sarana `Cat III autoland` sebagaimana yang ada di sejumlah pesawat komersial milik maskapai-maskapai terkemuka.

Menurut Xavion.com, aplikasi itu dapat dibeli dengan harga US$199 atau setara dengan lebih dari 2,6 juta rupiah. Mau coba?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.