Sukses

Bus Berbahan Bakar Kotoran Sapi Pecahkan Rekor Bus Tercepat

Apakah sapi termasuk hewan darat yang bergerak cepat?

Liputan6.com, Reading Sebuah bus dengan bahan bakar tidak umum berhasil memecahkan rekor kecepatan kendaraan darat.

Bus Hound yang beroperasi sebagai kendaraan umum di sekeliling kota Reading di Inggris ini dioperasikan dengan bahan bakar dari kotoran sapi, dan memiliki kecepatan 123,57 km per jam. Bagaimanapun, nomor ini seperti tidak seberapa. Belum jelas apakah kecepatan Bus Hound –dinamakan dari mobil supersonik Bloodhound dari Inggris – secara resmi memecahkan rekor. Pada bulan Februari lalu, polisi mengejar bus sekolah di Cedar Rapids, Iowa yang kecepatannya mencapai 161 km per jam, seperti menurut Huffington Post, Kamis (28/5/2015).

Dilaporkan dari Bus and Couch Buyer pula, bahwa pada tahun 60-an, terdapat anekdot dan bukti yang didokumentasikan mengenai kecepatan lebih tinggi yang dicapai oleh bus. Sebagai tambahan, dewan Guiness World Record telah menyatakan bahwa kecepatan Bus Hound tidak bisa disebut rekor dunia kecuali mencapai 241 km per jam.

Namun Bus and Couch Buyer menspesifikasi bahwa catatan itu hanya dimaksudkan untuk merefleksikan kecepatan untuk bus layanan. Laporan asli pun hanya dimaksudkan sebagai peristiwa ringan yang bertujuan mempromosikan bahan bakar biomethane.

Bus dari Reading saat ini mengoperasikan total 34 bus dengan bahan bakar kotoran sapi, menurut Bus and Coach Buyer. Limbah dari sapi ini dikonversi menjadi bahan bakar melalui cernaan anaerobic, yang melibatkan mikroorganisme menghancurkan kotoran di lingkungan bebas oksigen. Proses ini menghasilkan biogas, yang bisa diproses untuk menghasilkan biomethane yang bisa digunakan sebagai bahan bakar.

Selain Bus Hound, ada pula “bus kotoran” dari Inggris lainnya, Bio-Bus yang beroperasi di Bristol dengan bahan bakar kotoran manusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini