Sukses

Robot Capung Mengangkasa, Bakal Saingi Drone?

Sekelompok mahasiswa, baik dari tingkatan doktor maupun pascasarjana lainnya, bersama-sama merancang robot capung.

Liputan6.com, Atlanta - Sekelompok mahasiswa, baik dari tingkatan doktor maupun pascasarjana lainnya, bersama-sama merancang robot capung.

"Robot seukuran telapak tangan ini dapat terbang selayaknya seekor burung maupun mengambang di udara selayaknya sebuah helikopter," demikian keterangan video yang diunggah Jayant Ratti di YouTube, seperti dikutip pada Selasa (26/5/2015).

Sementara dalam laman Indiegogo disebutkan, robot capung buatan Georgia Institute of Technology di Kota Atlanta, Negara Bagian Georgia, Amerika Serikat itu memang dirancang dengan meniru hewan capung. Pengembangannya dimulai setelah kelompok tersebut memenangkan hibah senilai Rp 1,3 miliar dari Angkatan Udara Amerika Serikat.

Dari jauh ketika sedang terbang, robot capung itu tidak terlihat sebagai robot, sehingga dapat dipakai untuk membantu pengamanan rumah atau sarana penting lainnya, termasuk mengawasi anggota keluarga.

Dalam situs itu juga dijelaskan bahwa pengembangan alat itu sudah melalui beberapa tahap penting dalam siklus rancangannya.

Para pembuatnya juga akan menyediakan sejumlah aplikasi Google Play untuk menjalankan sejumlah tugas yang sudah ditetapkan semisal pemetaan luar ruang, patroli otomatis, dan sejumlah tugas lain.

Pengguna bahkan dapat mengembangkan aplikasi tambahan menggunakan Software Development Kit (SDK) yang tersedia.

Wah, sepertinya drone atau wahana tanpa awak yang sedang populer bakal tersaingi. (Alx/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini