Sukses

Serunya 'Tarian Api' di Kotak Musik

Sejumlah penggagas dan perancang alat baru membuat kotak suara yang memperdengarkan suara sekaligus melakukan ‘tarian’ api.

Liputan6.com, Copenhagen - Sejumlah penggagas dan perancang alat baru membuat kotak suara yang memperdengarkan suara sekaligus melakukan ‘tarian’ api. Perusahaan dari Copenhagen di Denmark, Sound Torch, belum lama ini menciptakan pengeras suara dengan kelengkapan Bluetooth untuk menyaringkan suara lagu dari peralatan elektronik yang memiliki kelengkapan sambungan Bluetooth.

Uniknya, kotak suara ini bukan hanya mengeluarkan suara yang diperkuat, melainkan adanya semburan-semburan api berukuran kecil yang berganti-ganti pola sesuai dengan irama lagu yang sedang diperdengarkan. Papan api di atas alat itu memiliki lubang-lubang kecil sebagai pengeluaran gas yang disemburkan.

"Buat keperluan pengeras suara, alat ini memiliki baterainya sendiri yang dapat bertahan hingga 12 jam untuk sekali pengisian. Sementara itu, gas cair yang diperlukan untuk tarian lidah-lidah apinya harus diisi setiap 4 jam untuk pemakaian rata-rata," tulis laman thesoundtorch.com, seperti dikutip, Senin (25/5/2015).

Selain mengikuti irama lagu, perusahaan ini juga membuat suatu aplikasi telepon pintar, sehingga memungkinkan pengendalian ‘tarian’ lidah-lidah api tanpa tergantung suatu lagu. Melihat unjuk kerjanya, jelas sekali bahwa alat ini mengandung risiko kebakaran, sehingga disarankan hanya untuk mereka yang sudah dewasa.

Untuk mengurangi risiko tambahan, alat ini memiliki pemadam api jika suhunya sudah terlalu tinggi, tidak ada masukan sinyal apa pun, ataupun jika perangkat ini terbanting ke lantai. (Alx/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini