Sukses

Hebatnya Penyamaran Hewan di Semak Belukar

Sekelompok hewan terekam sedang keluar dari penyamaran mereka di kaki sebuah bukit.

Liputan6.com, Hawea - Sekelompok hewan terekam sedang keluar dari penyamaran mereka di kaki sebuah bukit. Hewan tahr di Selandia Baru ini mendadak bermunculan seakan keluar dari perut bukit.

Dalam keterangan video yang belum lama ini diunggah ke YouTube oleh Brett Langford, disebutkan bahwa hewan sejenis kambing gunung itu sebetulnya berasal dari pegunungan Himalaya. Tahr dibawa ke Selandia Baru pada dekade 1900-an untuk keperluan perburuan.

Sejumlah ahli lingkungan menyerukan pemusnahan hewan pendatang ini dari Selandia Baru. Namun para penggemar berburu menentang hal tersebut.

Bagi mereka, perburuan tahr merupakan salah satu kegiatan berburu berpanduan yang sangat digemari di Pulau Selatan di Selandia Baru. Salah satu tempat perburuan misalnya di Danau Hawea dan sejumlah tanah pribadi.

Selandia Baru merupakan satu-satunya negara di luar kawasan pegunungan Himalaya yang memiliki hewan tahr yang bebas berkeliaran di pegunungan. Seekor tahr jantan biasanya berbulu lebat dan berukuran hingga tiga kali tahr betina. Bukan hanya itu, bahu hewan jantan itu juga lebih kekar dan ada sepasang tanduk melengkung di kepalanya.

Sejumlah situs web perburuan hewan tahr ini menjelaskan bahwa hewan tahr jantan yang boleh diburu adalah yang panjang tanduknya telah mencapai setidaknya 50 centimeter. Dan perburuan tahr telah menjadi perburuan khas Selandia Baru. (Alx/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini