Sukses

Hiu-hiu Jinak nan Manja Ada di Tempat Ini

Seekor hiu leopard kedapatan sedang minta dimanja oleh petugas kebersihan akuarium yang sedang melakukan tugasnya.

Liputan6.com, Noumea - Seekor hiu leopard kedapatan sedang minta dimanja oleh petugas kebersihan akuarium yang sedang melakukan tugasnya.

Saat rekaman berlangsung di Aquarium des Lagons, Kota Noumea di Kepulauan Kaledonia Baru, terlihat hiu itu mendekati petugas kebersihan yang sedang membersihkan dinding kaca bagian dalam akuarium.

"Hiu itu mendekat dan perutnya dibelai oleh sang petugas. Hiu itupun kemudian memberikan perutnya untuk terus dibelai oleh petugas kebersihan tersebut," tulis laman aquarium.nc yang dikutip, Senin (25/5/2015).

Sementara itu, sejumlah pemirsa memperbincangkan jenis hiu tersebut. Ada yang menyebutnya hiu leopard. Ada pula yang menduga itu adalah hiu zebra.

Dari sejumlah sumber, termasuk laman resmi akuarium tersebut, disebukan bahwa Aquarium des Lagons dulunya bernama Aquarium of Noumea dan didirikan pada 1956 oleh ahli biologi Rene Catala dan istrinya, Ida Stucki.

Sekarang, akuarium itu merupakan kerja sama antara pemerintah Kaledonia Baru, pemerintah provinsi dan kota setempat.

Museum ini terletak antara Anse Vata dan Baie des Citrons. Pada dekade 1990-an, lokasi lama museum itu terasa semakin sesak sehingga diputuskan untuk memindahkan ke tempat baru.

Namun karena ada sejumlah masalah, pembangunan museum baru dimulai tahun 2003. Akuarium lama ditutup pada tahun 2005 dan kemudian Aquarium des Lagons diresmikan pada 31 Agustus 2007.

Bangunan baru itu memiliki 33 tangki dengan volume seluruhnya sekitar 500.000 liter dengan ukuran tangki yang bermacam-macam. Bangunan baru terdiri dari 3 tingkat: paling bawah adalah galeri teknis, tempat penyelaman, dan tempat penapisan air untuk kolam utama.

Kunjungan wisata dilakukan di lantai satu yang mencakup ruang pembelajaran, ruang menonton, toko, penyapihan, tempat pengobatan, laboratorium, dan dapur untuk penghuni. Para karyawan tinggal di lantai dua. (Alx/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini