Sukses

'Ramuan' Ajaib Ini Justru Segarkan Bunga Potong

Namun tak semua tanaman bunga bisa disiram ramuan tak terduga ini.

Liputan6.com, Jakarta - Bukan untuk merekomendasikan gaya hidup ala manusia gua. Namun kenyataannya, cairan urine juga punya manfaat bagi tanaman

Walau demikian, manfaat ini hanya berlaku bagi tanaman bunga potong dan tidak kebun secara keseluruhan. Ahli membuktikan bahwa zat aspirin dan urea yang ditemukan di urine manusia membuat tanaman potong tahan dua kali lebih lama.

Studi yang diterbitkan di International Journal of Postharvest Technology and Innovationini dilakukan di bunga jenis Gerbera jamesonii, atau yang dikenal sebagai African Daisy, yang merupakan salah satu tanaman bunga paling komersial.

"Masa hidup dalam vas bagi bunga ini meningkat setelah terekspos ramuan tidak terduga ini," tulis laman metro.co.uk, Jumat (22/5/2015).

Namun sebaliknya, untuk tanaman akar, urine manusia berbahaya. Zat asam di urine bahaya untuk tanaman karena kemampuan tanaman untuk meningkatkan aktivitas enzim berbahaya di akar.

Inilah mengapa jika Anda perhatikan, orang yang memelihara anjing atau kucing, di halaman rumahnya akan ada titik-titik rumput kering. Jadi, buang air kecil sembarangan tetap tidak dianjurkan. (Ikr/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini