Sukses

Waduh, Tangan Manusia Terbungkus ‘Es Panas’

Seorang pencinta percobaan ilmiah mencoba memasukkan tangannya ke dalam cairan ‘es panas’.

Liputan6.com, Ottawa - Seorang pencinta percobaan ilmiah mencoba memasukkan tangannya ke dalam cairan ‘es panas’. Hasilnya, tangan pria itu diselimuti oleh lapisan es.

Dalam keterangan videonya yang dikutip pada Senin (25/5/2015), disebutkan bahwa ‘es panas’ sebetulnya adalah cairan sodium asetat trihidrat yang mengambil bentuk padat bahkan pada suhu 58 derajat Celsius.

Sebagai perbandingan, air menjadi padat (menjadi es) pada suhu 0 derajat Celsius. Dengan demikian, muncullah istilah ‘es panas’, yaitu keadaan suatu cairan menjadi padat (menjadi es) pada suhu yang lebih dari sekadar hangat.

Biasanya, sodium asetat padat akan meleleh menjadi cairan ketika didinginkan di bawah suhu leburnya. Pada keadaan ini, penambahan zat pengikat semisal kristal-kristal keringat pada tangan manusia, dapat dengan segera membekukan seluruh sodium asetat dalam wadah.

Penasaran? Simak saja video di bawah ini. (Alx/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.