Sukses

Imajinasi 'Liar' Desain Baru Bendera Selandia Baru

Entah apa tujuan orang yang mengirim meme sebagai usulan desain bendera negara?

Liputan6.com, Wellington - Pemerintah Selandia Baru memutuskan mengganti desain bendera negara. Dengan ini, masyarakat turut serta diminta mengirimkan desain bendera baru buatan mereka.

Tidak disangka-sangka, ada yang menggunakan meme “Pepe Kodok” untuk desain bendera ini. Meme kodok hijau dengan wajah dilipat ini memang kerap dipakai dalam postingan para pengguna media sosial untuk mengekspresikan diri.

Di gambar, si pembuat menciptakan desain yang seperti dibuat seadanya menggunakan MS Paint. Desain itu menunjukkan gambar wajah si Pepe sebagai burung kiwi.

Entah apa tujuan orang yang mengirimnya.

Desain yang dibuat oleh David Astil dari Waikato ini memiliki keterangan sebagai berikut, seperti dikutip dari unilad.co.uk, Selasa (26/5/2015):

“Rasa itu, yang ada saat pandangan mata tertuju pada burung kiwi yang langka dan menakjubkan. Sebagai tanda persahabatan yang dalam oleh Selandia Baru dengan nenek moyang kami, jiwa mereka, tanah, dan budaya. Te Pepe Tamariki, Te Papa Aotearoa.”

Bendera Selandia Baru yang sekarang merupakan modifikasi dari bendera Australia, di mana yang membedakan hanya jumlah bintangnya -- 7 bintang di bendera Australia dan 5 di bendera Selandia Baru.

Bukan hanya pepe yang menginspirasi desain baru bendera. Coba simak berbagai kiriman desain ngaco oleh para penduduk Selandia Baru berikut ini.

Desain dari Jesse Gibbs dari Canterbury

“Desain ini merepresentasikan seluruh Selandia Baru karena kami punya banyak domba dan cinta es krim hokey pokey. Saya juga mengikutsertakan semua warna merah dan biru untuk membuat kalian yang memprotes senang. Kiwi sebagai saudara.”

Michael Tuffin dari Manawatu-Wanganui

“Saya dengan bangga mempersembahkan bendera yang semua penduduk Selandia Baru bisa berbangga. Mudah dikenal secara global dan merepresentasikan pedesaan hijau kita, langit biru kita, dan domba yang juga awan putih. Ini juga membawa tradisi ke masa depan dengan penggunaan bintang di mata.”

Davy Lee dari Auckland

“Ini merepresentasikan kita sebagai kiwi yang bahagia dan tidak berbahaya.”

James Gray dari Auckland

“Sinar laser memproyeksikan imaji penuh kekuatan dari Selandia Baru. Desain saya sungguh penuh kekuatan, tidak perlu didiskusikan."

(Ikr/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.