Sukses

Ajaib, Pembangkit Listrik Tenaga Angin Tanpa Baling-baling

Sebuah perusahaan pembangkit listrik membuat inovasi pembangkit listrik tenaga angin tanpa menggunakan baling-baling.

Liputan6.com, Valencia - Sebuah perusahaan pembangkit listrik membuat inovasi terbaru dengan pembangkit listrik tenaga angin tanpa menggunakan baling-baling sebagai penggerak pembangkit listriknya. Gagasan awalnya didapat dari kejadian terpaan angin yang membangkitkan osilasi pada benda padat yang diterpanya.

Batangan penangkap gerakan osilasi dirancang untuk bergerak menurut osilasi terpaan angin tersebut. Daya listrik dibangkitkan dari pola berulang gelung udara, dikenal sebagai jalanan gelung Karman, yang terjadi ketika angin menabrak benda padat.

"Dengan rancangan seperti ini, pembangkit listriknya tidak memakan banyak ruang dan bekerja hampir senyap," tulis vortexfdc.com, seperti dikutip pada Jumat (22/5/2015).

Bukan hanya itu, ada sejumlah permasalahan yang dihindari dibandingkan dengan pembangkit listrik berbaling-baling, misalnya bahaya baling-baling bagi satwa dan suara baling-baling yang berisik. Perusahaan Vortex menggunakan batangan osilasi untuk menggerakkan rangkaian magnet di dekat dasar batang untuk membangkitkan listriknya.

Walaupun daya guna pembangkitan listriknya masih lebih rendah daripada daya guna pembangkit berbaling-baling, Vortex lebih berdaya guna hingga 80% dalam hal pengeluaran biaya pembangkitan listrik karena memiliki lebih sedikit komponen yang bergerak. Jejak karbon alat ini juga 40% lebih rendah.

Model pertama yang tersedia secara komersial dinamai 'Mini' dengan daya 4 kW setinggi 12,5 meter yang diperuntukan bagi perumahan dan penerapan komersial kecil. Model yang lebih besar, Gran, dirancang untuk menghasilkan lebih dari 1 MW untuk pembangkit listrik skala besar bagi kalangan industri dan perusahaan listrik.

Bagaimana cara kerja pembangkit tenaga angin tanpa baling-baling tersebut? Simak dalam video di bawah ini. (Alx/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini