Sukses

Fenomena Pusaran Air di Tengah Danau

Pusaran itu seakan-akan menelan benda di atasnya ke dasar danau.

Liputan6.com, Latvia - Sebuah pusaran air terlihat menelan berbagai benda di danau di Latvia. Hal itu diketahui dari unggahan video di YouTube dari Janis Astics.

Dalam rekaman tersebut, diperlihatkan fenomena menarik ketika pusaran air di Danau Dviete dekat Sungai Daugava di Latvia tengah menarik berbagai benda di sekitarnya.

Bagi Astics, seakan-akan ada sumbat air di dasar danau yang mendadak terbuka. Pusaran itu seakan-akan menelan benda-benda itu ke dasar danau.

Diberitakan Huffington Post, keterangan pria itu tidak terlalu meleset. Kebanyakan pusaran alamiah terjadi akibat pertemuan arus-arus air yang deras yang berlawanan arah.

Fenomena itulah yang juga terjadi pada pusaran air ketika sumbat bak mandi dicabut.

Berdasarkan rekaman peristiwa itu, diketahui bahwa pusaran di Dviete terjadi karena pertemuan luapan sungai yang mengalir menuju arus masuk dari arah jembatan. Semua benda yang ditelan ke dalam pusaran tertarik ke bawah permukaan danau, dan tertarik di bawah permukaan menuju kolong jalan raya tempat para pengamat merekam kejadian itu.

Menurut Serikat Pariwisata Pedesaan Eropa, lembah sungai Dviete -- tempat kejadian itu -- merupakan kawasan tanah gambut yang luas selama musim banjir. Kawasan gambut itu merupakan daerah penting bagi burung-burung untuk tempat bersarang maupun migrasi. (Alx/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.