Sukses

Hebat, Lumba-lumba Jadi 'Partner' Andalan Nelayan Brasil

Nelayan lokal di Laguna, Brasil, memiliki hubungan simbiosis unik dengan lumba-lumba.

Liputan6.com, Laguna, Brasil - Nelayan lokal di Laguna, Brasil, telah mengembangkan hubungan simbiosis yang unik dengan lumba-lumba. Mereka bergantung pada kecerdasaan mamalia ini untuk membantu mereka menangkap ikan.

Dilansir dari laman Oddity Central, Rabu (20/5/2015), penelitian telah menunjukkan bahwa ada kelompok tertentu dari sekitar 20 lumba-lumba yang mampu bekerja sama dengan para nelayan untuk menangkap ikan, sedangkan sisanya lebih memilih untuk mencari makanan sendiri.

Bagaimana cara lumba-lumba ini bekerja sama dengan para nelayan?

Lumba-lumba mampu menggiring kawanan ikan menuju ke arah perahu nelayan. Kemudian lumba-lumba memberikan sinyal dengan kepala atau ekor untuk memberitahu para nelayan kapan dan di mana mereka harus membuang jaring.

Para nelayan bisa menangkap semua ikan yang mereka butuhkan. Sementara, sebagian besar ikan liar yang berhasil melarikan diri dari jaring, berenang tepat ke mulut lumba-lumba. Kerja sama ini tentu sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Air laut di Laguna memang begitu keruh dan para nelayan tidak bisa menangkap ikan secara efisien tanpa bantuan lumba-lumba. Itulah sebabnya para nelayan hanya menangkap ikan ketika 'partner' andalan mereka muncul. (Dsu/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.