Sukses

Kepiting Jumbo Seberat 4 Kg

"Ia makhluk yang menakjubkan dengan capit keren seukuran kepalan tangan manusia," ungkap Lindsay Holloway.

Liputan6.com, Portsmouth - Hidup kepiting besar yang dagingnya bisa dimakan ini nyaris berakhir. Namun, hewan bercapit warna cokelat yang ditangkap di teluk Portsmouth, Inggris tak jadi disantap karena kebaikan hati pembelinya.

Dilaporkan dari huffingtonpost.com, Selasa (19/5/2015), bobot kepiting jumbo itu mencapai 4 kg dan panjangnya 55 cm, termasuk capit raksasanya.

Sang nelayan yang menangkap kepiting itu membawanya ke pasar ikan di Viviers. Namun, pekerja di sana yang kagum dengan ukuran si kepiting, menawarkannya kepada Blue Reef Aquarium setempat.

Dengan senang hati, akuarium menerimanya, dan kini mencari tangki yang cukup besar untuk menampung penghuni terbarunya itu.

"Bagi seekor kepiting layak santap, kepiting ini cukup besar," ujar Rob Davidson, staf Blue Reef Aquarium kepada Portsmouth News. "Kepiting jenis ini masih bisa bertumbuh besar, namun aku belum pernah melihat yang sebesar ini."

Kepiting cokelat diketahui menangkap mangsa mereka dengan memperangkapnya di bawah perut, dan menghancurkan mereka dengan capitnya yang kuat.

"Ia makhluk yang menakjubkan dengan capit keren seukuran kepalan tangan manusia," ungkap Manajer akuarium itu, Lindsay Holloway, seperti dilaporkan ITV.com.

"Jelaslah bahwa ia sudah ada sejak lama, dan sayang sekali jika kepiting sehebat ini berakhir di meja makan," tambah Holloway.

Kini staf akuarium itu menamakan si kepiting raksasa 'Si Buas'.

"Ia akan dipelihara dengan baik dan dipenuhi semua kebutuhannya," ungkap Holloway. "Dan ada bonus tambahan, ia tidak akan muat di panci kepiting manapun," tambah Holloway. (Ikr/Alx/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini