Sukses

15-5-1896: Tornado Dahsyat Porak-porandakan 1 Kota di AS

"Tornado itu mempunyai ukuran rata-rata 150 kaki (sekitar 45 meter)," sebut fisikawan Universitas Chicago Tetsuya Theodore Fujita.

Liputan6.com, Texas - Tepat hari ini lebih dari satu abad lalu, terjadi bencana alam besar di negara bagian Texas, Amerika Serikat (AS).

Terjangan tornado maha dahsyat pada 15 Mei 1896 di Texas, membuat salah kota di negara bagian itu, Sherman porak-poranda.

Tornado tersebut bahkan diklasifikasikan sebagai F5. Jenis tornado F5 jarang terjadi karena kekuatannya yang sangat besar.

Saking dahsyatnya tornado di Sherman, otoritas AS memperkirkan kecepatan angin yang berhembus mencapai 260 kilometer per jam.

"Tornado itu mempunyai ukuran rata-rata 150 kaki (sekitar 45 meter)," sebut fisikawan Universitas Chicago Tetsuya Theodore Fujita, seperti dikutip dari History Channel.

Bencana itu juga meninggalkan duka mendalam. Setengah bangunan dan infrastruktur di kota Sherman hancur berantakan. Tak hanya itu, 60 warga Sherman pun meregang nyawa.

Sepanjang tahun 1896 setelah terjangan tornado dahsyat itu, Texas dan beberapa wilayah di dekatnya masih diterjang banyak badai.

Peristiwa lain yang tercatat pada tanggal yang sama tahun 2008, adalah sejarah kontroversial di Negeri Paman Sam. Di mana negara bagian California melegalkan pernikahan sesama jenis.

Calofornia merupakan negara bagian di AS kedua yang memperbolehkan pernikahan sesama jenis. Negara bagian yang pertama yang mengesahkan UU kontroversial ini adalah Massachusetts pada 2004.

Sementara pada 15 Mei 2010, prestasi diraih oleh Jessica Watson sebagai orang termuda yang berlayar non-stop mengelilingi dunia seorang diri, tanpa bantuan. Ketika itu usianya baru 16 tahun. Hebat! (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini